Berita kami

Warga Desa Andong Dapatkan Penyuluhan Akses Reforma Agraria

31 March 2022 Pemerintahan
Foto : Penyuluhan penanganan akses reforma agraria di Balai Desa Andon. Kamis (31/3/2022)
 
BOYOLALI – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Boyolali menyelenggarakan acara penyuluhan penanganan akses reforma agraria di Balai Desa Andong, Kecamatan Andong pada Kamis (31/3/2022). Penyuluhan tersebut menyasar warga Desa Andong yang termasuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2018.
 
Kepala Seksi Penataan Pemberdayaan Kantor Pertanahan Kabupaten Boyolali Hariyatmo menjelaskan, sesuai program Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tahun 2022, Kabupaten Boyolali diberikan penanganan akses Reforma Agraria sebanyak 200 kepala keluarga (KK). Dimana pada hari ini 100 KK di Desa Andong dan 100 KK Desa Kacangan. Pada penyuluhan ini akan dijelaskan tentang pemanfaatan tanah yang sudah diberikan legalitas oleh pemerintah, dengan akses yang telah disediakan Kantah Kabupaten Boyolali.
 
“Kita masuk ke pemberdayaan masyarakatnya, sehingga nanti arah dan tujuan untuk bisa melihat kesejahteraan masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraannya.” terangnya.
 
Ditambahkan Hariyatmo, Kantah Kabupaten Boyolali menggandeng Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Boyolali dan Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Kabupaten Boyolali untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Selain kedua OPD tersebut, Kantah Kabupaten Boyolali turut melibatkan Bank Boyolali dalam program reforma agraria sebagai Bank penyalur kredit bagi warga yang akan mengembangkan usahanya.
 
“Kita sebagai fasilitator saja, jadi memang harus bersama-sama. Harapannya dengan adanya itu kita bisa memonitor kesejahteraan masyarakat, dan semoga juga bisa mengangkat potensi desa yang ada di Andong ini dan pada umumnya bisa mengangkat Boyolali.” ujarnya.
 
Salah satu narasumber, Kepala Bidang Produksi Ternak Disnakan Kabupaten Boyolali Gunawan Andrianto mengatakan, dalam rangka mendukung akses reforma agraria, Disnakan Kabupaten Boyolali akan menyiapkan pelayanan bagi kelompok ternak maupun kelompok perikanan. Bagi kelompok ternak, Disnakan Kabupaten Boyolali akan memberikan pelayanan inseminasi buatan, pelayanan pengobatan peternakan, maupun kegiatan penyuluhan terkait dengan peningkatan pakan ternak. Selanjutnya bagi kelompok perikanan akan disediakan fasilitas untuk pengembangan budidaya perikanan melalui sistem terpal.
 
“Harapannya nanti peternak keterampilan didalam berusahanya lebih meningkat, produktivitasnya juga meningkat, pendapatan peternaknya juga meningkat.” tandasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI