Berita kami

TP PKK Boyolali Kenalkan Jajanan Pasar Non Terigu Melalui Lomba

02 September 2022 Pemerintahan

Foto : Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali, Desy M. Said Hidayat (tengah) dan Wakil Ketua TP PKK Nuning Wahyu Irawan bersama para pemenang lomba jajanan pasar non beras non terigu di Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali. Kamis (01/09/2022)

BOYOLALI - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Boyolali menggelar lomba kreasi jajanan pasar non beras non terigu. Kegiatan ini dilangsungkan di Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali pada Kamis (01/09/2022) dengan diikuti oleh 22 peserta dari 22 kecamatan se-Kabupaten Boyolali.

Ketua panitia, Harti Astuti Karsino mengungkapkan selain untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) TP PKK Tahun 2022, kegiatan ini juga untuk memasyarakatkan dan menggalakkan konsumsi pangan lokal dengan menyajikan pangan lokal dan meningkatkan inovasi pengolahan pangan lokal.

"Memanfaatkan pengolahan pangan lokal menjadi bahan baku dan atau bahan campuran dalam pembuatan aneka jajan pasar atau jajan tradisional. Peserta juga dapat berkreasi dan memanfaatkan potensi pangan lokal yang ada di Kabupaten Boyolali," katanya.

Senada, Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali, Desy M. Said Hidayat juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud komitmen dan tanggung jawab Tim Penggerak PKK Kecamatan dalam melestarikan pangan berbahan pangan lokal yang ada di Boyolali.

"Karena memang di Boyolali itu sangat potensi dengan yang namanya tepung mokaf. Jadi kenapa kita tidak menggunakan bahan yang memang benar-benar lokal dari Boyolali dan tidak kalah enaknya rasanya juga enak," jelas Desy.

Dilanjutkan, melalui bahan lokal tersebut, masyarakat dapat melakukan diet tepung terigu dan tepung beras.

"Kita mendapatkan hasil jajanan pasar yang sehat dan berbahan dasar pangan lokal sehingga kita dapat dengan mudah membuatnya mengkonsumsi dan mungkin untuk menambah penghasilan keluarga," ungkapnya.

Pada perlombaan berbahan dasar non beras non tepung tersebut, terdapat dua kategori yang diperlombakan yakni rasa asin dan manis. Berbagai macam jajanan disajikan antara lain ada puding, tiwul, sushi tempe dan lain sebagainya.

Terdapat tiga dewan juri yang bertugas untuk menentukan pemenang, yakni Nuning Safaryani Wahyu Irawan, Endang Bony Facio Bandung dan Kis Endang Bambang Jiyanto. Dari penilaian ketiga dewan juri, TP PKK Kecamatan Cepogo meraih Juara III, TP PKK Kecamatan Juwangi meraih Juara II dan TP PKK Kecamatan Banyudono meraih Juara I.

"Senang. Harapan ke depan lebih baik lagi, lebih menampilkan kreasi yang lebih bervariatif lagi," pungkas anggota TP TPP Kecamatan Banyudono, Marfuatin. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI