Berita kami

Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi, BKP2D Boyolali Gelar Pelatihan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah

20 September 2023 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan membuka Pelatihan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Boyolali Tahun Anggaran 2023. Rabu (20/09/2023)


BOYOLALI – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kabupaten Boyolali menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Boyolali Tahun Anggaran 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Al-Azhar Azhima Hotel Resort and Convention, Kecamatan Ngemplak, Rabu (20/09/2023) yang dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Dalam sambutannya, Wabup yang kerap disapa Iwan ini mengatakan bahwa pembangunan daerah merupakan upaya rencana untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah sehingga tercipta suatu kemampuan yang handal dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, juga sekaligus untuk mengelola sumber daya ekonomi daerah.

“Dalam upaya mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan pembangunan daerah kata kuncinya adalah adanya keseimbangan dan peran tiga pilar pembangunan yaitu pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Adanya perencanaan pembangunan daerah yang ideal yang memenuhi prinsip partisipatif, berkesinambungan, holistik, adaptif, terbuka dan demokratis,” jelas Wabup Iwan.

Kepala BKP2D Kabupaten Boyolali, Waskitho Rahardjo menyebutkan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia perencanan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dalam menyusun dokumen.

“Menjadi suatu pedoman yang diharapkan dapat mendorong tumbuhnya instansi pemerintah yang efisien efektif dan respon terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungan. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan indeks profesionalitas ASN,” ungkapnya.

Angkatan pertama dilaksanakan pada 20 September 2023 dengan peserta 67 orang terdiri dari 30 kepala OPD dan 37 orang dari kepala sub bagian perencanaan. Kemudian tanggal 21-22 September 2023 dengan peserta 37 orang dari kepala sub bagian perencanaan.

Angkatan kedua dilaksanakan pada 25-27 September 2023 dengan peserta 32 orang yang terdiri dari 22 kepala sub bagian perencanaan di 22 kecamatan di Kabupaten Boyolali dan 20 orang dari BKP2D Kabupaten Boyolali, Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Boyolali. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI