Berita kami

Sosialisasikan Pemilu 2024, KPU Boyolali Gelar Kirab Keliling Pakai Kendaraan Unik

23 October 2023 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat melepas Kirab Pemilu 2024. Sabtu (21/10/2023)


BOYOLALI – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, digelar sosialisasi melalui kirab. Terlihat pada Sabtu (21/10/2023), dilakukan serah terima Kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta ke KPU Kabupaten Boyolali di Pendopo Gede Kabupaten Boyolali.

Rombongan pawai dilepas secara langsung oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dengan diikuti oleh jajaran anggota KPU Kabupaten Boyolali, pengurus partai politik (parpol), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Boyolali yang tersebar di lima daerah pemilihan (dapil) dengan mengendari kendaraan unik. Pawai

Kirab Pemilu 2024 mengambil rute dari Alun-Alun Kidul Kabupaten Boyolali ke arah Boulevard Soekarno menuju Simpang Lima Boyolali. Dari Simpang Lima Boyolali kemudian berjalan ke arah Sunggingan, kemudian berbelok ke selatan dan Jalan Merbabu. Kembali melewati Simpang Lima Boyolali lalu menyusuri Jalan Kates dan menuju kantor KPU Boyolali.

Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Ali Fahrudin, mengucapkan selamat datang kepada rombongan KPU Kota Surakarta yang telah membawa bendera parpol secara estafet dari KPU Kabupaten Sragen. Ditambahkannya, pelaksanaan kirab Pemilu 2024 membawa 18 bendera parpol peserta Pemilu 2024 dengan tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”.

“Ini merupakan program sosialisasi nasional yang diluncurkan pada 14 Februari 2023 secara serentak di tujuh jalur yang ditetapkan. Boyolali merupakan jalur lima yang titik awalnya dari Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara dengan melintasi sebanyak 44 lokasi satker [satuan kerja],” katanya.

Kirab Pemilu 2024 tersebut bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang penyelenggaraan pemilihan umum, parpol yang menjadi peserta, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam Pemilu dan meningkatkan partisipasi mereka.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Surakarta, Nurul Sutarti, menerangkan bahwa Kirab Pemilu 2024 di Kota Surakarta telah dimulai dari Plaza Manahan dan berhenti di Rest Area 487 Tol Boyolali yang kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Boyolali.

“Seperti yang menjadi tugas kami, kami menyerahkan 18 partai politik peserta Pemilu 2024 untuk estafet berikutnya kepada KPU Boyolali. Semoga yang kami lakukan di rangkaian kirab ini bisa menjadi pertanda bahwa Pemilu 2024 memang akan kita laksanakan sesuai tahapannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Said mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan KPU dalam rangka mensosialisasikan sukses Pemilu 2024. Bupati Said berpesan kepada semua parpol yang mengikuti kontestasi Pemilu 2024 untuk tetap menjaga kerukunan dan mensukseskan Pemilu. Sehingga, nantinya dapat dipilih pemimpin dan wakil rakyat yang benar-benar mewakili rakyatnya.

“Semoga dengan pelaksanaan kegiatan kirab tadi, sosialisasi partai-partai yang mengikuti Pemilu di 2024, yang di Boyolali menurut laporan KPU, dari 18 partai peserta Pemilu, ada 16 partai peserta Pemilu untuk tetap menjaga kerukunan dan mensukseskan Pemilu,” terang orang nomor satu di Kota Susu ini.

Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Boyolali akan digelar selama sepekan pada tanggal 21-28 Oktober 2023 yang selanjutnya akan dilakukan estafet Kirab Pemilu 2024 ke KPU Kota Salatiga. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI