Berita kami

Selamatkan Harga Jual Panen Wortel, Baznas Boyolali Beli dan Bagikan Wortel ke Masyarakat

24 March 2022 Pemerintahan

Foto : Baznas Boyolali bagikan wortel gratis kepada masyarakat. Rabu (23/3/3022)

 

BOYOLALI – Komuditas wortel yang beberapa waktu terakhir mengalami penurunan harga menjadi Rp 1.000 hingga Rp 1.200 per kilo, membuat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Boyolali turun tangan untuk meringankan beban para petani wortel khususnya yang ada di Kecamatan Selo. Baznas Kabupaten Boyolali membagikan wortel secara gratis kepada masyarakat yang memerlukan pada Rabu (23/3/2022) di halaman depan kantor setempat.

Diungkapkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Boyolali, Jamal Yazid bahwa harga jual wortel yang turun disertai dengan pemasaran wortel yang cukup sulit, membuat pihaknya membeli wortel dengan dana non ZIS (Zakat Infak dan Sedekah).

“Bentuk kepedulian sosial kepada petani yang hari ini sedang terpuruk, harga jual wortel dan juga sangat berat pemasarannya,” kata Jamal saat dijumpai disela kegiatan.

Dana senilai Rp 4 juta dikeluarkan untuk membeli 1,2 ton wortel dari petani Selo dengan harga Rp 4.000 per kilogram. Wortel wortel yang sudah dikemas dalam plastik dengan berat dua kilogram tersebut dibagikan mulai pukul 09.00 WIB dan langsung habis diserbu oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Kita beli senilai Rp 4 juta kira kira satu ton lebih sedikit kita pack per dua kilogram sehingga ada 600 pack,” ujarnya.

Salah satu petani wortel asal Kecamatan Selo, Sulistio mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Boyolali yang telah membantu meringankan beban para petani. Diakui, jika pada hari biasa wortel mampu menembus harga Rp 2.500 hingga Rp 3.000, namun saat ini wortel hanya bertahan di harga Rp 1.000 hingga Rp 1.200 per kilogram.

“Terima kasih kepada Baznas Boyolali yang telah membantu menyelamatkan hasil pertanian wortel yang ada di Selo. Mau memfasilitasi, otomatis dapat membantu kesejahteraan ataupun meningkatkan ekonomi keluarga khususnya yang ada di Kecamatan Selo,” ungkapnya. (Tim Liputan diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI