Berita kami

Petani Boyolali Terima Bantuan Alsintan Guna Ketahanan Pangan Boyolali

03 November 2023 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat bersama para petani penerima bantuan alsintan. Jumat (03/11/2023)

 

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali kembali menyalurkan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) kepada petani yang ada di Kota Susu. Bantuan tersebut disalurkan melalui Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali yang dilaksanakan pada Jumat (03/11/2023) di halaman kantor setempat.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang berkesempatan memberikan bantuan secara langsung berharap agar para petani dapat memanfaatkan bantuan alsintan dengan sebaik baiknya untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Boyolali. Hal tersebut sesuai dengan misi ketiga Bupati Said yakni Boyolali Kota Susu dan Lumbung Pangan Nasional dapat terwujud.

“Pemerintah terus berpikir bagaimana kita memberikan perhatian melalui bantuan alat alat pertanian. Semoga dapat memberikan kemudahan kemudahan bagi para petani untuk mengolah lahannya. Dan akan mengundang ketertarikan generasi muda berikutnya untuk mengolah lahannya,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Boyolali.

Kepala Dispertan Kabupaten Boyolali, Joko Suhartono menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan berasal dari tiga sumber anggaran.

“Keseluruhan bantuan alat mesin pertanian yang diserahkan kepada 64 kelompok sebesar Rp1.182.510.800,” terangnya.

Ketiga anggaran tersebut berasal dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB) Kabupaten Boyolali Tahun 2023 berwujud 12 unit alat pengolah tanah atau cultivator dan 10 unit alat pengolah tanah atau cultivator yang berasal dari anggaran DBHCHT Perubahan APBD Tahun 2023 sejumlah Rp 324.280.000.

Dari anggaran APDB Kabupaten Boyolali Tahun 2023 berupa 70 Hand Sprayer Elektrik senilai Rp 68.775.000.

Adapula anggaran yang berasal dari anggaran DBHCHT Perubahan APBD Tahun 2023 berupa alat angkut kendaraan roda tiga sejumlah 5 unit sebesar Rp 175 juta. Dari APBD Kabupaten Boyolali Tahun 2023 berupa alat pengolah tanah traktor roda dua sejumlah 20 unit sebesar Rp 540 juta. Serta, dana yang berasal dari APBN Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Tahun 2023 berupa pompa air sejumlah tiga unit sebesar Rp 74.446.800.

Harapannya dengan bantuan alat mesin pertanian ini, produktifitas petani semakin meningkat serta efisiensi tenaga.

Sebagai tambahan informasi, Kabupaten Boyolali memiliki surplus beras 46.000 ton yang digunakan masyarakat Boyolali sejumlah 8.000 ton per bulan, sehingga pasokan beras di Kabupaten Boyolali masih tergolong aman. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI