Berita kami

Pemkab Boyolali Bangun Kawasan Wisata Religi, Sarana Belajar Ibadah Haji dan Umroh

17 May 2023 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang bersempatan memonitoring Kawasan Wisata Religi, Singkil, Desa Karanggeneng, Boyolali. Selasa (16/05/2023)

 

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) sedang merampungkan Pembangunan Kawasan Wisata Religi. Bertempat di eks Pasar Hewan Singkil seluas tiga hektar, sudah dimulai tahan pembangunan pada tahun 2021. Di tempat tersebut akan dibangun beberapa bangunan yang menggambarkan rangkaian ibadah haji.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang bersempatan memonitoring lokasi tersebut mengungkapkan rasa syukurnya karena pembangunan yang akan selesai pada September 2023 ini sudah mencapai 35 persen.

“Alhamdulillah berjalan lancar sampai dengan hitungan hari ini kurang lebih sudah mencapai 35 persen. Dan harapan kita pada hitungan akhir bulan September semoga semua dapat terselesaikan dan kemudian hari dapat segera dimanfaatkan untuk anak anak kita masyarakat Boyolali untuk bagaimana belajar beribadah haji maupun umroh di tempat ini,” kata orang nomor satu di Kota Susu ini saat dijumpai di lokasi monitoring Kawasan Wisata Religi pada Selasa (16/05/2023).

Senada, Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Boyolali, Yovi Hardianto menjelaskan bahwa Kawasan Wisata Religi akan dilengkapi dengan miniatur Ka’bah, replika area Sa’i, replika Masjid Nabawi, padang Arafah, Jabal Rahmah, dan sebagainya.

“Dibangun beberapa bangunan yang menggambarkan rangkaian ibadah haji baik di mekah maupun madinah, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan manasik haji,” ungkapnya.

Dilanjutkan olehnya, pada tahun 2021, mengawali pembangunan dengan mengalokasikan anggaran Rp 925 juta untuk penataan lahan. Kemudian pada tahun 2022, Pemkab Boyolali mengalokasikan anggaran Rp 2,8 Miliar untuk pembangunan replika area Sa’i.

“Dan pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Boyolali mengalokasikankurang lebih Rp 21 Miliar, yang terdiri dari 5 paket,” ujarnya.

Kelima paket tersebut antara lain, pembangunan Gedung Miniatur Ka’bah senilai Rp 3,2 Miliar, pembangunan Gedung Auditorium dan Masjid Nabawi senilai Rp 3,6 Miliar, pembangunan Kios senilai Rp 5,7 Miliar, pembangunan fasilitas pendukung berupa area ticketing senilai Rp 2,3 Miliar dan Pembangunan Sarana Prasarana pendukung lainnya senilai Rp 6 Miliar. Seluruh pekerjaan akan selesai pada akhir September 2023. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI