Berita kami

OJK Solo Ajak Pelajar Boyolali Miliki Program Kejar

21 August 2023 Pemerintahan

Foto: Bupati Boyolali, M. Said Hidayat memberikan hadiah bagi para pemenang Lomba Gerakan Menabung Kabupaten Boyolali 2023. Minggu (20/08/2023)

 

BOYOLALI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait program Kejar atau satu rekening satu pelajar di Car Free Day (CFD) Kabupaten Boyolali pada Minggu (20/08/2023). Program ini terselenggara dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dan Perbarindo Boyolali.

"Kita memang rutin mengadakan literasi edukasi keuangan. Kali ini kita juga mengadakan untuk membuat masyarakat melek terhadap keuangan dan juga punya satu rekening satu pelajar. Jadi harapannya bisa berhasil," ungkap Direktur Utama PT BP Bank Boyolali (Perseroda), Dono Srihananto.

Senada, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang turut hadir mengapresiasi adanya program literasi keuangan satu rekening satu pelajar di CFD Boyolali. Menurutnya, edukasi literasi keuangan kepada para generasi muda tersebut sangat bagus karena bertepatan dengan Hari Indonesia Menabung.

“Harapan kami, kesadaran seluruh siswa dapat menjadi anak yang gemar menabung. Namun, target persentasenya berapa ya targetnya adalah pelajar di Kabupaten Boyolali diharapkan kesadaran untuk menabung yang didampingi langsung para guru, para pendidik,” kata orang nomor satu di Kota Susu ini.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Pasar Modal dan Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) OJK Solo, Heri Santosa menjelaskan pentingnya menabung sejak dini di bank-bank tepercaya dan terjamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Menurutnya, manfaat bagi siswa adalah untuk melatih mereka menabung sejak dini.

"Lalu, mengenalkan produk-produk perbankan baik produk jasa dan layanan dan dapat memberikan pelatihan kepada anak agar mengatur keuangan sejak dini," ujarnya.

Sedangkan bagi orang tua atau wali, Heri mengungkapkan manfaat menabung sejak dini adalah bisa melatih agar anak-anak bisa mandiri mengelola keuangannya. Kemudian juga mengedukasi anak-anak terkait produk keuangan.

Sebagai tambahan informasi, dari tujuh BPR yang ada di Kabupaten Boyolali, telah terhimpun dana Rp 4.278.187.323 dari 27.516 rekening tabungan pelajar Simpel hingga triwulan II Tahun 2023.

Dalam kesempatan itu, turut diberikan hadiah bagi para pemenang lomba Gerakan Menabung Kabupaten Boyolali 2023 dari PT BPR Bank Boyolali. Kategori video kreatif juara I diraih oleh Niza Erlia Ramadhani dari SMP Negeri 1 Boyolali. Kategori kinerja sekolah Juara I diraih oleh SMP Negeri 1 Nogosari. Kategori Kepala Bagian/Cabang/Kantor Kas Juara I diraih oleh PT BPR Bank Boyolali Pusat.

Adapula hadiah bagi para pemenang lomba Gerakan Menabung Kabupaten Boyolali 2023 dari PT BPR BKK Boyolali. Kategori video kreatif juara I diraih oleh Adystya Nabila Artika Fernanda dari SMP Negeri 1 Simo. Kategori kinerja sekolah Juara I diraih oleh SMP Negeri 1 Ngemplak. Dan kategori manager cabang diraih oleh Manager Cabang Cepogo. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI