Berita kami

Disporapar Boyolali Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

01 August 2022 Pemerintahan

Foto : Pelatihan Pemandu Wisata Budaya yang diselenggarakan oleh Disporapar Kabupaten Boyolali di Bungalow Desa Samiran Kecamatan Selo. Senin (1/8/2022)

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya. Pelatihan ini dilaksanakan di Bungalow Selo di Desa Samiran, Kecamatan Selo pada Senin (1/8/2022), kemudian dilanjutkan dua hari berikutnya yakni Selasa-Rabu (02-03/08/2022) dengan kegiatan orientasi lapangan di Obyek Wisata Kawasan Dieng.

Diungkapkan oleh Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali, Supana bahwa kegiatan ini merupakan pelatihan bagi 40 peserta yang berasal dari 45 desa wisata yang ada di Kabupaten Boyolali.

“Kita adakan pelatihan pada hari ini, kita bekali untuk bisa memahami berbagai obyek wisata di Boyolali dari sisi alam, dari sisi sejarah dan nilai tradisi, dari sisi museum dan kepurbakalaan, untuk mendapatkan pemahaman bagaimana menjadi pemandu wisata yang baik,” katanya saat dijumpai di Bungalow Selo pada Senin (01/08/2022).

Sejumlah 45 desa wisata yang ada di Kabupaten Boyolali tersebut dipilih karena masing masing desa wisata memiliki potensi yang berbeda. Sehingga para pemandu wisata diharapkan mampu mengelola dan memahami obyek wisata untuk disampaikan kepada pengunjung obyek wisata.

“Pengelola desa wisata bisa memberikan pemahaman kepada pengunjung tentang obyek wisata yang dia kelola. Baik itu dari nilai sejarah, nilai tradisi maupun tempat atau kondisi alam,” terangnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Muh Sholhan Taufiq yang mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini. Melalui pelatihan tersebut, dia berharap mampu mengembangkan potensi di desanya lebih baik.

“Terkait bagaimana cara menarik wisatawan agar mereka itu senang datang ke wisata kita terus, termasuk strategi strategi pemasaran di desa wisata kita,” pungkasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI