Berita kami

Diskominfo Boyolali Hadirkan Pentas Wayang Kulit Dalang Remaja Sebagai Upaya Nguri Uri Budaya Jawa

13 October 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat (kiri) secara simbolis menyerahkan tokoh wayang kepada empat dalang yakni Ki Aris Wijayanto, Ki Kristantyo Dwi Prasetyo, Ki Agung Pengging dan Ki Andika Bubi Cahyono, di Gelanggang Anuraga. Rabu (12/10/2022) malam

BOYOLALI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan Pentas Wayang Kulit Pelajar yang diselenggarakan di Gelanggang Anuraga Kabupaten Boyolali pada Rabu (12/10/2022) malam. Acara yang disiarkan secara langsung melalu kanal Youtube Diskominfo ini menghadirkan empat dalang remaja yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Dalam acara tersebut, dihadiri secara langsung oleh Bupati Boyolali, M. said Hidayat; Wakil Bupati Boyolali (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan; Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri, beserta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung mengungkapkan pertunjukan wayang kulit tersebut merupakan salah satu upaya diseminasi informasi kepada masyarakat terkait dengan kebijakan dan pembangunan di Kabupaten Boyolali.

“Sebagai desiminasi informasi tentang hasil kebijakan pemerintah dan pembangunan dalam hal sosialisasi ketentuan tentang cukai tembakau, serta untuk memberantas rokok ilegal yang beredar di masyarakat,” jelas Bony.

Senada, Bupati Said mengapresiasi dengan gelaran wayang kulity ang menampilkan dalang remaja. Menurut Bupati Said, dalang remaja tersebut merupakan cerminan regenarasi dalang dalang senior yang ada di Kabupaten Boyolali dalam upaya nguri-uri budaya Jawa.

“Salah satu wujud ketika Kabupaten Boyolali ini bagaimana mempersiapkan dalam upaya menjaga kelestarian budaya. Ini juga mempersiapkan dalang rangka regenerasi seni, generasi muda yang cinta kebudayaannya, generasi muda yang mampu hadir untuk menjadi dalang,” kata orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini.

Keempat dalam yang pentas yakni Ki Aris Wijayanto, Ki Kristantyo Dwi Prasetyo, Ki Agung Pengging dan Ki Andika Bubi Cahyono dengan lakon “Pamong Sejati”. Tidak lupa, penampilan sinden Mimin dan Apri yang membuat para penonton tertawa dengan guyonan segarnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI