Berita kami

Diskominfo Boyolali Gelar Workshop Pengelolaan PPID

03 August 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat (tengah) membuka workshop Pengelolaan PPID di Lingkungan Pemkab Boyolali. Rabu (3/8/2022)

BOYOLALI – Sebagai langkah adanya transparasi dan keterbukaan informasi dari pemerintah, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memiliki peran yang cukup strategis. Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali mengadakan Workshop Pengelolaan PPID di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali yang berlangsung selama dua hari pada Rabu-Kamis (03-04/08/2022) bertempat di salah satu hotel di kawasan Simpang Siaga Kabupaten Boyolali.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat; Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta BUMD se-Kabupaten Boyolali.

Dalam arahannya, Sekda Masruri menekankan pada 53 website OPD, 4 website BUMD dan 57 website PPID Pelaksana agar dapat menyampaikan data maupun informasi yang lengkap dan akurat kepada masyarakat. Selain itu, dapat memaksimalkan website maupun platform lainnya untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat.

"Data data dasar informasi informasi dasar yang ada di OPD harus dikuasai dan harus di linkkan dengan Kominfo. Supaya Kominfo bisa memberikan informasi kepada masyarakat lewat portal portal yang ada tidak usah datang," kata Sekda Masruri saat pembukaan acara pada Rabu (03/08/2022).

Ditemui usai membuka acara, Bupati Said menyambut baik acara yang diselenggrakan oleh Diskominfo Kabupaten Boyolali. Menurut Bupati Said, pola pembenahan data data yang ada di Kabupaten Boyolali dinilai mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Memberi informasi harus berbekal dengan data data yang lengkap sehingga informasi bukan hoax, tetapi informasi adalah merupakan kebutuhan yang bersumber dari data data yang kita bangun secara Bersama. Semoga langkah langkah ini dapat memacu kesadaran kita kembali bahwa data itu penting,” pesan Bupati Said.

Sehingga orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini meminta kepada seluruh OPD/BUMD untuk membenahi data dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan informasi publik.

Dalam acara tersebut terdapat tiga narasumber yang akan mengisi workshop. Ketiga narasumber tersebut yakni Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Sosiawan dengan materi Keterbukaan Informasi Publik dan Pengelolaan PPID; Kasi Pelayanan Data dan Infopormasi Publik Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Mashuri dengan materi Peningkatan Pelayanan Informasi Publik PPID dan teknis pengisian data PPID oleh tim teknis dari Diskominfo Kabupaten Boyolali. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI