Berita kami

Dishub Boyolali Gelar Seleksi Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas 2022

29 March 2022 Pemerintahan

Foto : Khansa Raihana R.A pelajar dari SMA N 1 Boyolali menjadi juara I Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas 2022. Selasa (29/3/2022)



BOYOLALI – Dalam rangka meningkatkan keselamatan dan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali mengadakan lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tahun 2022. Disamping bertujuan untuk mencari pelajar pelopor terbaik di Kabupaten Boyolali, pemilihan tersebut sekaligus sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka kecelakaan di kalangan pelajar.

“Menumbuhkan kesadaran pribadi pelajar pelajar di kabupaten boyolali untuk taat peraturan lalu lintas dan disiplin berlalu lintas. Hal ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan terutama di kalangan pelajar,” ungkap Kepala Dishub Kabupaten Boyolali, Cipto Budoyo di lokasi seleksi yang bertempat di lantai 2 Kantor Dishub Boyolali, pada Selasa (29/3/2022).

Pelajar yang mengikuti lomba harus melewati beberapa tahapan untuk dapat lolos ke tahap seleksi. Setelah menjaring siswa ke seluruh kecamatan, didapatkan 40 siswa SMA/SMK yang berhak mengajukan makalah pada dewan juri. Dari 40 siswa tersebut masih diseleksi kembali untuk dapat menemukan 20 siswa yang siap memaparkan makalahnya di depan lima dewan juri.

“Administratif sudah kita selenggarakan beberapa waktu yang lalu menghasilkan 20 yang lolos seleksi dan dari 20 ini mereka berpresentasi di hadapan tim juri,” terangnya.

Kelima dewan juri yang terdiri dari unsur Kepolisian, Jasa Raharja, Organisasi Angkutan Darat (Organda), jajaran Cabang Dinas Pendidikan, dan Dishub Kabupaten Boyolali yang akan menilai kriteria yang diujikan. Kriteria tersebut antara lain, karya tulis, kreatifitas, dan hasil presentasi.

Dalam perlombaan tersebut, Juara I diraih oleh Khansa Raihana R.A dari SMA Negeri 1 Boyolali, Juara II didapat oleh Decky Satria Nirwana dari SMA Negeri 1 Ngemplak dan Umi Salma Az zahra dari SMA Negeri 1 Ngemplak berhasil membawa pulang gelar Juara III.

Khansa Raihana mengungkapkan rasa bangga bisa mendapatkan Juara I. Melalui inovasi Sistem Pendekar atau sistem pendeteksi kecelakaan pada sepeda motor yang dapat mengirimkan pesan darurat melalui nomor telepon selular, dia berharap bisa memberikan kontribusi positif ke Kabupaten Boyolali.

“Semoga lalu lintas dan keselamatan jalan di Boyolali khususnya lebih baik ke depannya,” ungkap pelajar dari SMA Negeri 1 Boyolali ini. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI