Berita kami

Bupati Said Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

17 August 2022 Pemerintahan

Foto : Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia di Kabupaten Boyolali. Rabu (17/08/20122)



BOYOLALI – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia di Kabupaten Boyolali berlangsung khidmat dan meriah. Agenda rutin tahunan ini digelar pada Rabu (17/08/20122) bertempat di Alun-alun Kidul Kabupaten Boyolali dengan inspektur upacara Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Diskominfo Kabupaten Boyolali.

Pada kesempatan tersebut, upacara yang juga dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Boyolali, anggota TNI dan Polri, anggota DPRD, unsur pelajar dan purnawirawan serta para pejuang veteran. Upacara tersebut dilaksanakan tepat pada pukul 09.00 WIB.

Dalam peringatan dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat ini, juga dikibarkan bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Boyolali. Anggota Paskibraka menampilkan variasi baris berbaris dengan kompak tegas dan rapi yang terbagi dalam tiga kelompok, yakni kelompok 17, 8 dan 45 yang menggambarkan tanggal kemerdekaan negara Indonesia. Pengibar bendera dilakukan oleh Muhammad Nurrochim Mahendra dari SMA Negeri 1 Andong, Sandika Adil Firmansyah dari SMA Pradita Dirgantara dan Krisna Wahyu Mukti dari SMA Negeri 1 Simo. Adapula pembawa baki pada pelaksanaan upacara pagi yakni Olivya Eka Imnastiti dari SMA Negeri 1 Ngemplak dan Indi Rahayuningsih dari SMA Negeri 1 Nogosari.

Bupati Said dalam sambutannya mengatakan dengan semangat Boyolali Metal, meminta kepada seluruh elemen untuk berupaya pulih lebih cepat bangkit lebih kuat yang diperlukan langkah gerak kebersamaan. Untuk mendukung pemulihan yang cepat, beliau meminta untuk dilakukan pembenahan data di semua lini.

“Dengan pembenahan-pembenahan data yang kita lakukan tujuan kita hadir semua adalah dalam rangka untuk mensejahterakan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Boyolali. Di sisi yang lain, bagaimana kita mempersiapkan generasi-generasi yang hebat di kemudian hari melalui upaya penurunan stunting di Kabupaten Boyolali,” kata Bupati Said.

Bupati Said juga berharap agar genereasi penerus dari Kabupaten Boyolali mampu membangun Kota Susu jauh lebih baik ke depan.

“Kita bersama sekali lagi dalam semangat membangun Kabupaten Boyolali Metal, inilah semangat yang harus tetap kita tanamkan antar generasi di antara generasi kita. Untuk Melangkah Bersama Menata Bersama Penuh Totalitas. Atas nama Pemerintah Kabupaten Boyolali mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-77, dengan semangat pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, Gumregah bareng Jawa Tengah, Boyolali Metal,” ungkap orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini.

Usai upacara, rombongan melanjutkan agenda kegiatan di Taman Makam Pahlawan Ratna Negara Kabupaten Boyolali. Rombongan melakukan ziarah kenegaraan sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa, raga dan segalanya untuk memerdekakan Indonesia.

Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Arm. Ronald Siwabessy menjadi inspektur upacara ziarah dan memimpin jalannya tabur bunga di atas pusara makam para pahlawan kusuma bangsa.

Sebelumnya, pada Selasa (16/08/2022) malam, diadakan malam tirakatan yang dipusatkan di Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali, kemudian digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci pukul 00.01 WIB pada Rabu (17/08/2022) di Taman Makam Pahlawan Ratna Negara Boyolali. Acara dilanjutkan pada pagi harinya dimulai pukul 04.00 WIB digelar Adi Bangkit di kediaman para anggota Forkopimda Kabupaten Boyolali dalam rangka persiapan mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI