Berita kami

Bukber Ramadhan 2022 Akan Kunjungi 22 Kecamatan

01 April 2022 Pemerintahan

Foto : Pelaksanaan Bukberling Tahun 2021 di Kecamatan Ampel

 

BOYOLALI – Menjelang bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk memeriahkan bulan suci bagi umat Muslim tersebut. Untuk tahun 2022 ini, bulan Ramadhan akan diwarnai dengan rangkaian acara buka bersama (bukber) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Boyolali. Agenda ini akan dilaksanakan di 22 kecamatan meski masih di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Analis Kebijakan Ahli Muda bagian kesra pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Partini. Menurutnya, kegiatan akan tetap dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat yakni pembatasan jumlah undangan dan rombongan yang menyertai Bupati dan Wabup Boyolali.

Karena kondisi pandemi jadi kita masih tetap menggunakan prokes dan masih menjaga jarak jadi tidak seperti tahun yang dulu dulu masih kondisi bebas,” ungkap Partini saat dijumpai di ruang kerjanya, pada Jumat (1/4/2022)

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang mengerahkan dua tim untuk melaksanakan kegiatan bukber, tahun ini hanya akan ada satu tim yang bukber berkeliling di 22 kecamatan yang terdiri dari Bupati, Wabup, Ketua DPRD dan lima OPD. Dalam kegiatan tersebut, sekaligus akan diberikan bantuan kepada takmir masjid di masing masing kecamatan sebesar Rp 50 juta untuk satu masjid.

“Prinsipnya ada pembagian bantuan untuk masjid yang ditempati silaturahmi. Besarannya Rp 50 juta,” katanya.

Selain kegiatan bukber keliling, Pemkab Boyolali juga mengadakan kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an yang direncanakan akan terpusat di Masjid Ageng Kabupaten Boyolali.

“Rencana ada di Nuzulul Qur’an itu kita rencanakan tanggal 18 April hari Senin, hanya menjelang bukber direncanakan ada pengajian Masjid Ageng,”

Masyarakat dihimbau tetap menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar aman dan nyaman di masa pandemi Covid-19.

Agenda bukber tersebut akan diawali pada Senin (4/4/2022) bertempat di Masjid Agung di Desa Ngenden, Kecamatan Ampel dan akan berkeliling ke kecamatan kecamatan lain selama bulan Ramadhan, serta diakhiri pada Sabtu (30/4/2022) di Masjid Mujahidin di Desa Sampetan, Kecamatan Gladagsari. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI