Berita kami

Atasi Wabah PMK, Pasar Hewan Jelok Disemprot Disinfektan

11 May 2022 Pemerintahan

Foto : Petugas dari PMI Boyolali lakukan penyemprotan disinfektan di area Pasar Hewan Boyolai yang berada di Desa Jelok Kecamatan Cepogo. Rabu (11/5/2022)

 

BOYOLALI – Usai ditemukannya beberapa hewan ternak khususnya sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Boyolali, membuat sejumlah pihak bergerak cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Salah satu tindakan antisipasi yang dilakukan yakni dengan penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan tersebut dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Boyolali bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Boyolali. Kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan di Pasar Hewan Boyolali yang berada di Desa Jelok, Kecamatan Cepogo pada Rabu (11/5/2022).

“Dalam rangka kita untuk mencegah merebaknya penyakit kuku dan mulut yang sementara ini di Boyolali sudah terindikasi ada di Desa Singosari, ini ada beberapa ekor sapi yang telah terkena penyakit kuku dan mulut,” jelas Pengurus Bidang Kebencanaan dan Relawan PMI Kabupaten Boyolali, Dahat Wilarso di sela kegiatan penyemprotan.

Menggunakan kendaraan milik PMI Kabupaten Boyolali, pihaknya menyemprotkan disinfektan yang terdiri dari 300 liter air dicampur dengan 150 liter cairan disinfektan ke kandang dan lantai pasar, kendaraan operasional di pasar hewan tersebut dan lainnya. Sehingga dia menghimbau kepada para pedagang hewan ternak untuk ikut menjaga kebersihan hewan dan kandang, hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah tersebarnya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Senada, dokter hewan Puskeswan Kecamatan Ampel, Suratno mengungkapkan penyemprotan ke pasar hewan yang mampu menampung 1.000 ekor sapi tiap pasaran Pahing ini sebagai upaya penekanan dan pengawasan hewan ternak terhadap ancaman PMK. Pihaknya juga melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada para pedagang.

“Kami menghimbau pedagang supaya tetap berhati-hati dalam jual beli sapi ini mengingat sapi ini rentan sekali terhadap penyakit mulut dan kuku dan penyebarannya sangat cepat,” ujarnya.

Dalam penyemprotan dan pengawasan Pasar Hewan Jelok tersebut, tidak ditemukan hewan ternak yang mengidap PMK dan semua hewan ternak dirasa masih normal. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI