Berita kami

Wabup Iwan Ajak Seluruh Elemen untuk Lebih Peduli Penyandang Disabilitas

14 December 2022 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan menyerahkan kursi roda untuk penyandang disabilitas dalam acara Peringatan Hari Disabilatas Internasional Kabupaten Boyolali di Gedung Panti Marhaen. Rabu (14/12/2022)

BOYOLALI – Peringatan Hari Disabilitas Internasional Kabupaten Boyolali digelar secara sederhana di Gedung Panti Marhaen, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali pada Rabu (14/12/2022). Mengambil tema “Solusi Transformatif Untuk Pembangunan Inklusif” ini dihadiri oleh 300 peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Boyolali.

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan yang berkesempatan hadir mengungkapkan bahwa tema yang diambil pada tahun 2022 ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas dalam beraktivitas di tengah masyarakat tanpa diskriminasi.

“Diharapkan dengan adanya peringatan hari disabilitas internasional ini dapat meningkatkan komitmen kepada seluruh elemen masyarakat untuk membangun kepedulian serta menggugah kesadaran akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan,” kata Wabup yang kerap disapa Iwan ini.

Dilanjutkan oleh Wabup Iwan, pihaknya mengajak seluruh elemen baik pemerintah lembaga perusahaan dan masyarakat untuk dapat memberikan perlindungan pelayanan dan penguatan bagi penyandang disabilitas agar mereka dapat hidup wajar dan layak seperti masyarakat pada umumnya. Hal tersebut telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas yang mengamanatkan bahwa penyandang disabilitas harus dilindungi.

“dalam undang undang tersebut, terdapat 33 hak penyandang disabilitas. Terdiri dari 22 hak bagi disabilitas secara umum, 4 hak bagi perempuan disabilitas dan 7 hak bagi anak-anak disabilitas yang kesemuanya itu wajib dipenuhi dan diupayakan,” ungkap Wabup Iwan.

Ketua Sekretariat Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB), Sri Setyaningsih mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali yang selama ini telah memberi dukungan kepada organisasinya.

“Saya mewakili teman-teman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya, dan para pihak yang selalu memberikan dukungan kepada kami dalam melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan bagi penyandang disabilitas khususnya di Kabupaten Boyolali,” ujarnya singkat.

Dalam kesempatan tersebut, diberikan pula dua unit kursi roda untuk penyandang disabilitas serta sertifikat penghargaan untuk lima koordinator disabilitas kecamatan terbaik. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI