Berita kami

Usia Senja Tidak Membatasi Untuk Belajar Al Quran

06 April 2022 Pemerintahan

Foto : Bersama para lansia warganya, Kepala Desa Pojok Fitrianto (kanan) mengikuti TPA di Masjid Sultan Al Qodi. Rabu (6/4/2022)


BOYOLALI - Untuk meningkatkan minat baca Al Quran terhadap lansia. Pengurus masjid Sultan Al Qodi di Dukuh Karanganyar, Desa Pojok, Kecamatan Nogosari, Boyolali selama Ramadan digelar Taman Pendidikan Al Quran (TPA) lansia.

Pengurus Masjid Sultan Al Qodri, Setia Budi mengatakan, dibukanya TPA/TPQ lansia ini untuk meningkatkan minat baca Al Quran serta mengisi waktu saat menjelang buka puasa tiba, serta sebagai ajang silaturahmi.

"Kegiatan ini baru kita lakukan pertama kali. Ini selain meningkatkan minat baca para lansia di desa kami juga mengisi waktu untuk menunggu buka bersama,"katanya kepada boyolali.go.id, Rabu (6/4/2022).

Dikatakannya, kegiatan TPA lansia ini dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB sampai 17.15 WIB dan diikuti 20 sampai 30 orang. Menurutnya, selama diadakan TPA lansia ini antusias warga untuk bisa membaca Al Quran cukup tinggi.

"Alhamdulilah antusias warga untuk belajar membaca Al Quran cukup tinggi. Ini tidak hanya membaca Al Quran,tapi juga diberikan kultum dikit demi sedikit,"ujar dia.

Kepala Desa Pojok Fitrianto mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu terobosan para pengurus masjid selama ramadan pada tahun ini. Dan kegiatan ini mendapat respon positif dari warga terutama para lansia.

"Ini suatu trobosan para pengurus masjid. Kalau TPQ pada anak anak mungkin sering dilakukan disetiap masjid atau dimana mana. Namun, kalau TPA /TPQ lansia ini jarang sekali ada,"kata dia.

Fitrianto berharap, kegiatan TPA lansia ini bisa berjalan terus dan berkelanjutan pada ramadan berikutnya.

"Ya, kebetulan masjid ini juga baru, jadi semangat warga untuk pergi ke masjid cukup tinggi. Dan kebetulan masjid ini dilakukan salat tarawih juga mulai bulan ramadan ini,"pungkasnya. (Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI