Berita kami

Usai Seleksi Tertulis, Kini 120 Pelajar SMP Boyolali Ikuti Seleksi Wawancara Duta Seni

25 April 2024 Pemerintahan

Foto : Peserta seleksi Duta Seni Pelajar Nusantara 2024 unjuk kebolehan di depan dewan juri. Kamis (25/04/2024)


BOYOLALI – Usai menggelar seleksi tertulis, kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali melakukan seleksi wawancara pengiriman Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali tahun 2024.

Sebanyak 120 pelajar SMP se-Kabupaten Boyolali ini mengikuti seleksi wawancara selama tiga hari dari Kamis (25/04/2024) hingga Sabtu (27/04/2024) bertempat di Museum R. Hamong Wardoyo. Dalam satu hari, terdapat 40 pelajar yang mengikuti seleksi wawancara.

Ditemui di sela kegiatan seleksi wawancara pada Kamis (25/04/2024), Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Supana menjelaskan bahwa seleksi wawancara merupakan salah satu rangkaian marathon pengiriman Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali tahun 2024.

“Yang awalnya sudah dimulai dengan pendaftaran, seleksi administrasi kemudian dilakukan seleksi tertulis. Dari 224 peserta terjaring 120 peserta siswa SMP se-Kabupaten Boyolali,” ungkapnya.

Sebanyak 120 pelajar tersebut terdiri dari 85 pelajar perempuan dan 35 pelajar laki laki. Dari 120 pelajar tersebut akan mengerucut menjadi 60 pelajar yang akan melakukan kegiatan seleksi lebih lanjut yang pada akhirnya akan kita saring menjadi 40 pelajar.

“Dan 40 anak nanti akan masuk ke karantina untuk diberikan pembekalan serta keterampilan tentang tari. Setelah itu akan kita pilih 20 anak sebagai finalisasi atas kegiatan seleksi Duta Seni yang siap untuk mengenalkan kesenian Kabupaten Boyolali ke Nusantara,” katanya.

Salah satu dewan juri pengiriman Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali tahun 2024, Jungkung Darmoyo mengaku sampai saat ini para peserta telah menampilkan bakat dengan sangat baik.

“Untuk tahapan audisi ini yang dinilai adalah wirogo, wiromo, wiroso, dan sedikit pengetahuan tentang Boyolali. Sampai saat ini lumayan. Ini tingkat SMP pengetahuan peserta lumayan, jadi sedikit banyak sudah memaparkan tentang Boyolali dari segi wisata dari segi makanan khas Boyolali, dan tinjauan budaya,” jelasnya singkat.

Sebagai tambahan informasi, pada tahun 2022 lalu Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali melakukan misi kebudayaan ke Pulau Sumatera (Kota Padang), Pulau Bali dan Pulau Kalimantan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sedangkan di tahun 2023 Duta Seni Pelajar Nusantara melakukan misi kebudayaan ke Pulau Sulawesi (Kota Makassar), Jawa Barat di Kota Bandung dan Pulau Bali. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI