Berita kami

RSAU dr. Siswanto Jadi Salah Satu RS TNI yang Diresmikan Presiden Jokowi

19 February 2024 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan (kanan) bersama bersama rombongan kunjungi fasilitas yang ada di RSAU dr. Siswanto. Senin (19/02/2024)

KARANGANYAR – Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo yang berlokasi di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (19/02/2024) melalui sambungan video conference yang dipusatkan di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RS PPN) Panglima Besar Soedirman Jakarta.

Rumah sakit ini diresmikan bersama dengan 20 Rumah Sakit TNI yang tersebar di Indonesia. Secara rinci, 20 rumah sakit yang diresmikan hari ini terdiri dari 11 Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD), 3 Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL), dan 6 Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU).

Jokowi mengungkapkan, pembangunan rumah sakit sangat penting karena peristiwa pandemi Covid-19 telah mengajarkan pentingnya memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap dan sumber daya manusia yang siap. Hal tersebut direspons positif oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Karena itu saya sangat menghargai mengapresiasi pembangunan RSPPN Panglima Besar Soedirman dan 25 RS yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan)," ungkap Presiden Jokowi.

Komandan Lanud Adi Soemarmo, Marsma TNI Ridha Hermawan mengatakan bahwa RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo mendapat fasilitas bangunan lengkap dengan fasilitas alat kesehatan di dalamnya.

“Harapannya, rumah sakit ini bisa memberikan dukungan kesehatan tentu utamanya adalah bagi anggota TNI di Lanud Adi Soemarmo dan Pegawai Negeri Sipil beserta keluarga. Dan juga bagi masyarakat di sekitar Lanud Adi Soemarmo,” katanya.

Rumah sakit tersebut juga didukung dengan persyaratan sebagai rumah sakit rujukan yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas baik untuk anggota TNI beserta keluarga maupun masyarakat umum.

Peresmian RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo dihadiri Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, PJ Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, pejabat Kemenhan dan Pejabat TNI AU Lanud Adi Soemarmo.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan sembako kapada masyarakat sekitar yang diserahkan oleh Komandan Lanud Adi Soemarmo PJ Bupati Karanganyar dan Wakil Bupati Boyolali.

Sebagai tambahan informasi, gedung baru RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo yang memiliki dua lantai ini, kini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Antara lain, PICU/NICU, ICU, UGD, Poliklinik Spesialis, Ruang Bedah, Ruang Rawat Inap meliputi Ruang PBI, Ruang VIP dan Ruang VVIP. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI