Berita kami

Rayakan HUT Ke-1, Bupati Said Minta MPP Boyolali Dapat Tingkatkan Pelayanan

05 December 2023 Pemerintahan

Foto : Sambutan Bupati Boyolali, M. Said Hidayat membuka Festival Pelayanan Publik dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-1 MPP Kabupaten Boyolali. Selasa (06/12/2023)



BOYOLALI – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Boyolali yang telah genap satu tahun berjalan, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat pada saat menghadiri acara Festival Pelayanan Publik dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-1 MPP Kabupaten Boyolali pada Selasa (06/12/2023) bertempat di Aula Gagatan, Komplek Perkantoran Terpadu Alun Alun Lor Kabupaten Boyolali di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo

“Tentunya harapan kami selaku Bupati Pemerintah Kabupaten Boyolali dengan apa yang sudah terbangun, apa yang sudah dilaksanakan, tentunya ini semua dalam rangka melayani masyarakat dengan sebaik baiknya. Harapan kita ke depan MPP ini dapat terus meningkatkan pelayanannya dengan sebaik baiknya,” ungkap Bupati Said.

Dilaporkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Boyolali, Purnawan Raharjo bahwa saat MPP Kabupaten Boyolali diresmikan pada 5 Desember 2022 yang lalu, telah memiliki 24 instansi yang dan 171 layanan. Terdiri dari 9 OPD Kabupaten Boyolali, 8 instansi vertikal, 2 OPD Provinsi Jawa Tengah, dan 5 BUMN/BUMD.

“Perjalanan satu tahun ada peningkatan dari 24 instansi menjadi 27 instansi yang tergabung. Jadi ada penambahan 3 dinas yang tergabung, yang semula 171 sekarang menjadi 186 layanan. Dan sampai dengan saat ini perjalanan para pengunjung MPP sudah mencapai 40.439, luar biasa pengunjung MPP,” katanya.

Jumlah tersebut terdiri dari delapan kementerian atau Lembaga yakni Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, KPP Pratama, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Agama dan Kantor Pertanahan. Adapula sembilan layanan Ogranisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Boyolali antara lain, DPMPTSP, Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus), dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Selain itu, ada pula dua layanan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yakni DPMPTSP dan UPPD Kabupaten Boyolali Bapenda Provinsi Jawa Tengah. Serta lima layanan dari BUMN/BUMD yakni Taspen, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Bank Boyolali dan Bank Jateng.


Jumlah tersebut bertambah dengan adanya tiga instansi yang membuka pelayanan di MPP Kabupaten Boyolali. Ketiga instansi tersebut yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Boyolali, dan Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta.

Masyarakat Kabupaten Boyolali dapat mengunjungi MPP Kabupaten Boyolali yang berlokasi di di Komplek Perkantoran Alun Alun Lor Kabupaten Boyolali, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Pelayanan buka setiap hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08.00 - 15.00 WIB dan hari Jumat pukul 08.00 - 11.00 WIB.

“Dengan adanya Festival Pelayanan Publik ini, kita memberikan informasi kepada masyarakat, instansi pelaksana pelayanan publik agar masyarakat Kabupaten Boyolali bisa menikmati layanan dan dapat tersebar secara luas bahwa MPP Kabupaten Boyolali ada berada di lokasi Alun alun Lor Kabupaten Boyolali. Instansi bisa menambah meningkatkan kinerja pelayanan publik,” harapnya.

Sebagai tambahn informasi, investasi di Kabupaten Boyolali sampai dengan triwulan III sudah mencapai Rp 1,3 Triliun dari target Rp 1,7 Triliun.

Dalam rangka HUT Ke-1 MPP Kabupaten Boyolali, juga terdapat beberapa stan yang digelar dengan menampilkan beberapa bazaar produk. Diantaranya, bazaar beras medium murah, telur murah, sembako dari PT Aneka Karya, bazaar sayuran, bazaar produk UMKM, produk kerajinan Tumang, produk kerajinan Ecoprint. Selain itu, ada pula layanan pemeriksanaan kesehatan secara gratis, layanan PUDAM Tirta Ampera, dan lain sebagainya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI