Berita kami

Rangkaian Peringatan HUT Ke – 52 KORPRI, Pemkab Boyolali Berikan Bantuan Hukum Sidang Itsbat Nikah Terpadu Bagi 13 Pasutri

29 November 2023 Pemerintahan

Foto : salah satu pasangan mengikuti sidang itsbat di Ruang Cempaka Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali. Rabu (29/11/2023)

 

BOYOLALI – Salah satu rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) adalah Pelaksanaan Program Bantuan Hukum Sidang Itsbat Nikah Terpadu. Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat tersebut dilaksanakan di Ruang Cempaka Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Rabu (29/11/2023) usai Upacara Peringatan ke – 52 KORPRI, Hari Guru Nasional, dan HUT ke – 78 PGRI yang digelar di Alun-alun Kidul Kabupaten Boyolali.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Boyolali, Yanuar Susetyo Tri Wicaksono menyampaikan, maksud diselengarakannya siding itsbat terpadu ini adalah memberikan jaminan dan kepastian hukum terhadap proses perkawinan yang telah dilakukan oleh warga Boyolali. Ada 13 pasangan suami istri (pasutri) yang berasal dari lima kecamatan, yakni satu pasangan dari Kecamatan Musuk, satu pasangan dari Kecamatan Gladagsari, dua pasangan dari Kecamatan Cepogo, empat pasangan dari Kecamatan Selo dan lima pasangan dari Kecamatan Andong.

“Setelah melakukan siding itsbat, peserta dapat mengurus dan mendapatkan hak-haknya berupa penetapan pernikahan dan dapat mengurus dokumen-dokumen kepentingan lainnya seperti KTP, KK, dan akta kelahiran anak.” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Said mengatakan bahwa program bantuan hukum sidang itsbat nikah terpadu ini berkaitan dengan legalitas pernikahan warga, karena pernikahan yang resmi sesuai ketentuan undang-undang harus dipenuhi agar kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga sesuai dengan aturan.

“Semoga ini dapat memberikan kebahagiaan yang semakin baik kedepan, menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah dan membawa keberkahan bagi keluarga besarnya.” ungkap orang nomor satu di Kota Susu itu. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI