Berita kami

Program TMMD Sengkuyung Tahap III Sasar Betonisasi Jalan di Desa Catur, Sambi

24 July 2024 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat memeriksa barisan Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2024 di Desa Catur Kecamatan Sambi. Rabu (24/07/2024)

BOYOLALI – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2024 dilaksanakan. Kegiatan pembangunan yang melibatkan anggota TNI dan warga masyarakat di Kabupaten Boyolali ini digelar di Desa Catur, Kecamatan Sambi ini dimulai Rabu (24/07/2024) hingga Kamis (22/08/2024). Tanda dimulainya kegiatan dengan dilakukan upacara pembukaan di lapangan desa setempat yang dihadiri oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dan Komandan Kodim (Dandim) 0724 Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim menjelaskan luas wilayah dalam program betonisasi jalan yakni sepanjang 635 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,12 meter, serta talud jalan dengan volume 479,859 meter kubik. Selain menyasar pembangunan fisik, TMMD juga menyasar pada kegiatan non fisik.

“Selain betonisasi, yang kedua ada pembangunan talud jalan 479 meter kubik. Semoga waktu yang diberikan kurang lebih satu bulan ini bisa selesai dengan maksimal dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” harapnya.

Selain itu, Dandim juga berharap agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara jalan yang sudah terbangun agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Senada, Bupati Said berharap pembangunan jalan di desa setempat tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita bersama sama hadir tentunya dengan pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan di Desa Catur ini. Semoga apa yang terbangun dapat bermanfaat dan membawa kemanfaatan bagi masyarakat khususnya Desa Catur dan masyarakat yang melintas di jalan yang terbangun ini,” kata Bupati Said.

Orang nomor satu di Kota Susu ini juga menekankan pada semangat kebersamaan dan kegotongroyongan di semua elemen masyarakat. Sehingga diharapkan dengan langkah kebersamaan tersebut, pembangunan di Kabupaten Boyolali dapat dilakukan dengan baik.

“Tentunya harapan kita apa yang dibangun TMMD tahun ini di Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya dan akhirnya nanti dapat dimanfaatkan dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat khususnya Desa Gunung dan sekitar Simo yang memanfaatkan lalu lintas jalan yang terbangun,” ungkap Bupati Said.

Salah satu masyarakat Desa Catur, Suwaris mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dan TNI yang telah membangun jalan di desanya yang bisa menghubungkan ke Kabupaten Semarang. Dari jalan tersebut, akses transportasi menuju wilayah sekitar menjadi lebih mudah untuk dilewati kendaraan jika dibandingkan dengan kondisi jalan yang sebelumnya.

“Alhamdulillah sekali. Terima kasih demi untuk masyarakat Desa Catur bisa bermanfaat dan kami akan memanfaatkan ini dengan sebaik baiknya,” ujarnya.

Ada tiga sumber dana yang digunakan. Ketiga sumber dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 230 juta, APBD Kabupaten Boyolali sebesar Rp 500 juta dan yang terakhir berasal dari Swadaya Masyarakat sebesar Rp 16.543.000 sehingga total sejumlah Rp 746.543.000. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI