Berita kami

Polda Jateng Dan Polres Boyolali Uji Coba ETLE Drone, Awasi Pelanggaran Lalin

26 January 2023 Teknologi

Foto : Anggota Satlantas Polres Boyolali menerbangkan sebuah drone yang menjadi alat utama ETLE drone di kawasan Exit Tol Mojosongo Boyolali, Kamis (26/01/2023)

 


BOYOLALI - Direktorat lalu lintas kepolisian daerah (Ditlantas) Polda Jawa Tengah bersama anggota Satlantas Polres Boyolali melakukan uji coba penggunaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) drone di exit tol Mojosongo, Boyolali. Uji coba ETLE drone tersebut untuk penindakan pelanggaran lalu lintas.

Kasigar Subditgakum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Ilham S Sakti mengatakan, ETLE drone mobile ini bentuk pengembangan dan penyempurnaan yang selama ini telah dilaksanakan. Dimana selama ini ETLE di Jateng sudah sangat masiv.

“Jadi ETLE statis dan ETLE mobile ini di Jateng sudah sanngat masiv, dan ini mulai dikembangkan lagi melalui integrasi drone,”katanya kepada boyolali.go.id, Kamis(26/1/2023) di Exit Tol Mojosongo, Boyolali.

Dikatakannya, pengembangan integrasi drone tersebut akan dilaksanakan di kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

“Besar harapan kami, masyarakat harus tetap tertib dalam berkendara atau berlalulintas, sehingga tanpa ada penindakan dari petugas,”ujar dia.

Ia mengatakan, uji coba serta sosialisasi ETLE drone yang dilakukan Polda Jateng ini sudah ke 18 dari 35 Mapolres di Jawa Tengah.

“Ini masih tahap uji coba, nanti setelah semua 35 Polres di Jateng melakukan uji coba kemudian baru menghadap ke pimpinan. Ya, mungkin nanti akan di launching secara nasional,”jelas dia.

Ilham menjelaskan, fungsi utama drone tersebut tidak sertamerta untuk penindakan pelanggar lalulintas. Namun, drone tersebut bertujuan untuk memantau arus lalulintas terjadi trouble sport dititik rawan.

“Kalau operasinal drone tersebut menemukan pelanggaran kasap mata, akan langsung dilakukan penindakan,”kata dia.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M Herdi Pratama mengatakan, bahwa anggota polri perlu memberikan peringatan kepada masyarakat dalam hal tertib berlalulintas.

“Sampai saat ini kami baru akan meneliti daerah di Boyolali yang banyak pelanggaran berlalulintas. Saat ini kami melakukan uji coba di exit tol Mojosongo,”katanya.

Kasatlantas mengatakan,semua anggota saat ini sudah mengikuti pelatihan ETLE drone dan sekaligus akan menentukan lokasi.

“Ya, semua anggota sudah mengikuti pelatihan. Nantinya rencananya di Simpang Siaga dan di daerahnya lainnya di Boyolali,”pungkasnya.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali

BAGIKAN ARTIKEL INI