Berita kami

Petani Tembakau Boyolali Terima Bantuan Kendaraan Roda Tiga

16 March 2021 Pemerintahan
BOYOLALI – Sebanyak 39 unit kendaraan roda tiga bantuan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Provinsi Jawa Tengah dibagikan kepada kelompok petani tembakau di Boyolali. Bantuan ini diserahkan langsung Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan bagi para kelompok tani pada Selasa (16/3/2021) halaman Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali.
 
Wabup yang kerap disapa Iwan ini berharap dengan adanya bantuan ini bisa memperlancar para kelompok tani untuk mengembangkan tanaman tembakau di Kabupaten Boyolali. Hal tersebut menjadi tujuan mengingat tembakau adalah salah satu komoditas andalan Kota Susu.
 
“Semoga kedepannya lebih semangat dan tambah sejahtera untuk para petani tembakau di Boyolali,” jelas Iwan.
 
Ditemui usai acara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto memberikan keterangan bahwa bantuan kendaraan roda tiga ini diberikan kepada petani tembakau di masa paska panen.
 
“Pemberian bantuan ini bertujuan agar mutu tembakau menjadi lebih baik. Karena selama ini pengangkutan hasil panen ke rumah masing-masing itu kurang baik serta agar para petani tembakau menikmati hasil dari cukai tembakau dari Pemerintah,” terang Bambang.
 
Disinggung mengenai para penerima bantuan, pihaknya menjelaskan bahwa penerima bantuan kendaraan roda tiga ini terdiri dari kelompok petani tembakau rajangan dan kelompok petani tembakau asapan. Untuk diketahui bahwa keberadaan petani tembakau rajangan terdapat di dataran tinggi Boyolali dan petani tembakau asapan berada di dataran rendah.
 
Salah satu penerima bantuan Kani Nur Rahman dari Kelompok Tani Tani Maju dari Desa Jrakah, Kecamatan Selo mengapresiasi atas bantuan yang digelontorkan Pemerintah ini. Pihaknya akan menggunakan kendaraan ini sebagai alat angkut tembakau dan kepentingan lainnya dalam mendukung program pertanian.
 
“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati karena saya dan masyarakat saya memang benar-benar membutuhkan bantuan seperti ini. Harapan saya kedepan untuk kelompok tani saya semakin maju semakin jaya," ungkapnya.
 
Sebagai informasi untuk prosedur mendapatkan bantuan bisa dilakukan oleh para petani dengan mengajukan proposal dan menjelaskan pertanian di kelompoknya. Kemudian disampaikan secara jelas mengenai budidaya tembakaunya seperti luas dan sebagainya, setelah itu bisa mengajukan permohonan bantuan alat ke Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali. Pengajuan tersebut akan diverifikasi lebih lanjut. (Tim Liputan Diskominfo Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI