Berita kami

Peringati HPSN, DLH Boyolali Bangun Kepedulian Masyarakat Kelola Sampah Dari Sumbernya

23 February 2024 Sosial

Foto : Para relawan membersihkan sungai di kawasan Pengging. Jumat (23/02/2024)



BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) gelar apel bersama dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024. Dengan tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif” ini digelar di kawasan Alun Alun Pengging, Kecamatan Banyudono pada Jumat (23/02/2024) pagi.

Kepala DLH Kabupaten Boyolali, Suraji menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah. Selain itu sebagai sarana untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi untuk mengatasi sampah mulai dari sumbernya.

“Harapan kita sampah itu dari sumbernya sudah dipilah. Jadi plastik plastik yang susah terurai itu tidak dicampur. Kondisi masih bersih bisa dikumpulkan, boleh dijual, boleh diberikan kepada siapapun karena itu masih memiliki nilai ekonomis. Dan sampah yang organik, kita harapkan tidak dibuang di TPA,” kata Suraji.

Pihaknya menambahkan, DLH Kabupaten Boyolali juga turut melakukan sosialisasi pengelolaan sampah di sekolah Adiwiyata yang ada di Kabupaten Boyolali untuk memberikan edukasi kepada pelajar agar lebih bijak dalam mengelola sampah.

Camat Banyudono, Dwi Hari Kuncoro menyambut baik dan berharap masyarakat diwilayahnya lebih peduli terhadap sampah. Hal tersebut dilakukan agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman. Karena tidak dipungkiri, sampah yang menumpk di sekitar Kecamatan Banyudono bias menyumbat saluran air apabila terjadi hujan yang cukup lebat.

“Kami mengapresiasi dan ini positif sekali. Kami mengucapkan banyak terima kasih. Sering banjir pastinya. Karena sampah yang menyumbat di bawah jembatan,” ujarnya.

Seusai apel, para peserta melakukan kegiatan bersih sampah yang menyasar di sejumlah tempat di antaranya di pasar, area pertokoan, sungai dan tempat publik lain di sekitar kota Boyolali. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI