Berita kami

Peringati Hari Sungai Nasional, Pemkab Boyolali Lakukan Aksi Peduli Sungai

26 July 2024 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan dan Ketua DPRD Boyolali, Marsono menuangkan Eco Enzym di Kali Gandul. Jumat (26/07/2024)

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan Aksi Peduli Sungai dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional. Agenda yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali Wahyu Irawan dan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali Marsono tersebut dilaksanakan di Kali Gede, Siswodipuran, Boyolali pada Jumat (26/7/2024) pagi.

Ditemui di lokasi, Kepala DLH Kabupaten Boyolali, Suraji mengatakan, Aksi Peduli Sungai ini melibatkan banyak pihak seperti Komunitas Anak Sungai, Komunitas Eco Enzym dan para pegiat sampah. Ia menambahkan, kegiatan ini juga merupakan momentum bagi komunitas Eco Enzym, karena fungsi dari Eco Enzym adalah bioremediasi sehingga dapat meningkatkan kualitas air sungai.

“Harapan kami nanti masyarakat semakin peduli terhadap sungai.” katanya.

Suraji juga menuturkan, jika dalam dua atau tiga minggu kedepan DLH akan melakukan uji kualitas air sungai sehingga hasil kegiatan hari ini dapat dilihat nantinya. Disampaikannya, indeks kualitas air sungai (IKA) di Boyolali tahun 2023 adalah 50,00 yang termasuk dalam kategori Kurang. Ia mengatakan, akan menargetkan peningkatan IKA tersebut menjadi Baik berkisar angka 70,00.

Selain di Kali Gede, kegiatan penuangan Eco Enzym ini juga dilaksanakan di dua tempat lain yaitu jembatan Kali Kiring (sebelah barat Alun-alun Utara) dan jembatan Jalinan, Teras.

“Ini salah satu kami membangun komitmen bersama untuk menjaga sungai agar nanti kualitas air sungainya menjadi baik.” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Iwan mengaku sangat mendukung kegiatan Aksi Peduli Sungai yang diselenggarakan oleh DLH Kabupaten Boyolali tersebut. Menurutnya, sungai adalah salah satu lingkungan yang harus dijaga bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat.

“Kita peduli terhadap kebersihan sungai, kita lakukan bersih-bersih sungai mulai dari jam 7 tadi, dengan melibatkan Komunitas Anak Sungai dan Komunitas Eco Enzym yang ada di Boyolali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kebersihan sungai di Kabupaten Boyolali ini.” tandasnya. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI