Berita kami

Peringati Hari Jadi Ke-175 Kabupaten Boyolali, Disdikbud Boyolali Gelar Wayang Kulit

10 June 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyerahkan tokoh wayang kepada dalang Ki Margono. Kamis (9/6/2022)

 

BOYOLALI – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-175 Kabupaten Boyolali, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali menggelar wayang kulit. Acara tersebut digelar di Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali pada Kamis (9/6/2022) malam dengan disiarkan secara langsung melalui radio Merapi FM Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali.

“Salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Ke-175 Kabupaten Boyolali,” ungkap Bupati Boyolali, M.Said Hidayat saat membuka gelaran wayang tersebut.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Darmanto menjelaskan bahwa pagelaran wayang kulit tersebut merupakan salah satu untuk nguri uri budaya di tengah modernisasi yang sangat cepat.

“Untuk melestarikan dan nguri uri kebudayaan warisan dari para leluhur kita,” kata Darmanto.

Selain untuk nguri uri kebudayaan, gelaran wayang tersebut juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Kabupaten Boyolali. Serta, memberikan ruang pada dalang wayang untuk tampil Kembali setelah vakum beberapa waktu akibat pandemi Covid-19 yang melanda.

Dalam acara tersebut, Bupati Said menyerahkan wayang secara simbolis kepada dalang Ki Margono sebagai tanda pementasan wayang kulit dimulai. Dalam gelaran wayang tersebut, dalang Ki Margono memestaskan lakon Jimat Kalimasodo yang dimulai tepat pada pukul 20.00 WIB dan selesai pada pukul 03.00 WIB.

Gelaran wayang akan dilanjutkan pada Sabtu (11/6/2022) pagi dengan menampilkan tiga dalam anak anak yakni Yesaya Abimanyu Pradipta dari TK Immanuel, Radite Hanung Putra Eris Sandi dari SD Santo Fransiskus dan Fathir Narendra Widhitama dan SD Negeri 5 Boyolali. Ketiganya akan melakonkan wayang dengan mengambil cerita Wahyu Mangkutho Romo.

Pentas wayang kulit akan ditutup oleh dua dalang remaja yakni Ki Fajar Suratmaja dan Ki Yoyok Prasetyo dengan mengambil cerita Pandanarang yang akan ditampilkan pada Sabtu (11/6/2022) malam hari. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI