Berita kami

Pendaftaran CPNS Diperpanjang, Harap Jaring Lebih Banyak Pelamar

21 July 2021 Pemerintahan
Foto : Kepala Bidang Penataan dan Pengembangan Karier BKP2D Kabupaten Boyolali Dono Fembriarto, saat berikan keterangan kepada Diskominfo Boyolali. Rabu (21/7/2021)
 
BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Jabatan Fungsional Guru, PPPK Jabatan Fungsional (PPPK non guru) tahun anggaran 2021 pada Kamis (1/7/2021) yang lalu. Sebanyak 1.952 formasi dengan kualifikasi pendidikan tertentu dibuka kepada masyarakat untuk menjadi bagian dari keluarga besar Pemkab Boyolali.
 
Diungkapkan Kepala Bidang Penataan dan Pengembangan Karier Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelantikan Daerah (BKP2D) Kabupaten Boyolali, Dono Fembriarto, bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memperpanjang masa pendaftaran bagi peserta seleksi CPNS dan PPPK. Batas akhir pendaftaran yang semula ditutup pada Rabu (21/7/2021), kini telah diperpanjang hingga Senin (26/7/2021) mendatang.
 
“Diperpanjang sampai 26 Juli 2021. Dengan pertimbangan bahwa banyak kabupaten kabupaten yang jumlah pelamarnya itu masih sedikit, atau ada formasi yang belum terisi,” terangnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (21/7/2021).
 
Dengan masa pendaftaran yang diperpanjang tersebut, pihaknya berharap mampu menjaring pelamar dengan lebih banyak lagi.
 
“Maka untuk menjaring pelamar supaya lebih banyak lagi ini karena juga situasi PPKM Darurat yang sedang diberlakukan maka ini pertimbangan tersebut diharapkan bisa menambah pelamar yang mendaftar supaya lebih kompetitif lagi,” katanya.
 
Pemkab Boyolali telah membuka formasi PPPK Jabatan Fungsional Guru (PPPK guru) sejumlah 1.656 formasi. Selain itu, formasi tenaga kesehatan diberi kuota sejumlah 178 yakni dari jalur CPNS sejumlah 30 formasi dan jalur PPPK sejumlah 148 formasi. Ada pula formasi teknis sejumlah 118 yang terdiri dari jalur CPNS sejumlah 79 dan jalur PPPK sejumlah 39 formasi.
 
Hingga Rabu (21/7/2021) pukul 08.47 WIB, tercatat sejumlah 2.713 pelamar yang mendaftar CPNS Pemkab Boyolali, jumlah tersebut terdiri dari 1.620 pelamar yang sudah sampai di tahap pengisian formulir dan 1.093 pelamar yang sudah submit (memeruskan pendaftaran) lamaran CPNS. Sementera itu, formasi PPPK non guru Pemkab Boyolali telah menjaring 769 pelamar dengan 499 pelamar telah mengisi formulir, dan 270 orang sudah submit lamaran PPPK.
 
Disinggung mengenai formasi yang hingga saat ini masih kosong, pihaknya mengungkapkan formasi rescuer dan pengelola pengadaan barang dan jasa yang sepi peminat. Hal tersebut diperkirakan karena pelamar harus mencantumkan sertifikat kompetensi sesuai dengan Keputusan MenpanRB No.981 Tahun 2021 mengenai Persyaratan Sertifikasi. Sedangkan untuk saat ini formasi jabatan yang memiliki kualifikasi pendidikan ekonomi akuntansi masih menjadi primadona bagi pelamar.
 
“Semua seluruh Indonesia sepi pelamar karena pergerakan antar wilayah kemungkinan tipis,” pungkasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI