Berita kami

Pencoblosan Pemilu di 3.409 TPS di Boyolali Berjalan Lancar

14 February 2024 Pemerintahan

Foto : Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Maya Yudayanti saat ditemui di kantornya. Rabu (14/02/2024)

 

BOYOLALI - Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 digelar pada Rabu (14/02/2024) di Kabupaten Boyolali berjalan lancar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali, Maya Yudayanti. Dia mengatakan proses evaluasi pencoblosan atau pemungutan suara Pemilu 2024 di 3.409 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Boyolali hingga pukul 13.00 WIB berjalan lancar.

Meski demikian, Maya mengaku memang sempat ada beberapa TPS yang kekurangan logistik, tetapi semua sudah dapat diatasi dengan pergeseran dari TPS terdekat.

"Semua kekurangan surat suara di TPS sudah kami cukupi dengan digeserkan dari TPS-TPS terdekat. Hal ini seperti di TPS 12 di Desa Salakan Teras sudah terpenuhi kekurangan 100 surat suara DPR RI," ungkap Maya.

Pergeseran surat suara ke TPS yang kekurangan tergantung ketersediaan TPS yang lain.

"Dan, Alhamdulillah sudah tercukupi kebutuhan di TPS yang kekurangan surat suara serta semuanya aman. Semua sudah dapat diatasi dengan penggeseran surat suara di TPS terdekat. Pemilu 2024 di Boyolali semua berjalan lancar dan aman sesuai yang direncanakan," lanjutnya.

Dari sebanyak 3.409 TPS yang tersebar di 22 kecamatan di Boyolali, pada pencoblosan hari ini, meski ada kendala tetapi semua sudah berjalan aman dan lancar. Seperti, terjadi kekurangan surat suara di TPS 12 Desa Salakan sudah dapat terpenuhi dan semua lancar.

"Penghitungan suara pemilih, setelah selesai pengisian formulir C hasil, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengambil foto C hasil atau plano. Jadi silahkan untuk diketahui publik atau masyarakat. Setelah itu, tentu nanti akan dilakukan rekapitulasi," katanya.

Dijelaskan olehnya, yang dilakukan di KPU berbeda dengan penghitungan cara quick count. Jadi setelah selesai penghitungan surat suara ini, nanti akan dilakukan rekapitulasi di kecamatan-kecamatan.

Pagi hari, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat bersama dengan istri, Desy M. Said Hidayat yang menggunakan hak pilihnya di TPS 05 Kampung Gatak, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali. Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan mencoblos di TPS 06 Sapiyan Desa Metuk, Kecamatan Mojosongo. Serta, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boyolali, Marsono yang memberikan suara di TPS 06 Bandarejo Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan data di KPU Kabupaten Boyolali jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Boyolali pada Pemilu 2024 sebanyak 825.630 pemilih dengan 3.409 TPS yang tersebar di 22 kecamatan. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI