Berita kami

Pemkab Boyolali Bawa Pulang Dua Kategori Anugerah Meritokrasi Tahun 2023

07 December 2023 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan (tengah) menerima Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2023 di Hotel JW Marriot Yogyakarta. Kamis (07/12/2023)

 

YOGYAKARTA – Penghargaan kembali diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Kali ini, berkat penerapan sistem merit dalam pembinaan kepegawaian di lingkungan pemerintahan yang baik, Pemkab Boyolali membawa pulang Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala KASN, Agus Pramusinto yang diterima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyoalli, Wahyu Irawan di Kraton Grand Ballrooom Yogyakarta Marriot, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (07/12/2023).

Dari 143 instansi kementerian dan Pemerintah Daerah, Pemkab Boyolali berhasil meraih anugerah dengan dua kategori penghargaan. Kedua kategori tersebut yakni predikat sistem merit baik dan predikat kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) baik.

Dalam sambutannya, Agus Pramusinto mengatakan bahwa Anugerah Meritokrasi tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah yang dinilai telah berhasil menerapkan sistem merit.

Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran, yang berkomitmen terus melakukan perbaikan manajemen ASN-nya, dan juga merupakan hasil dari komitmen untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit,” kata Agus.

Dijelaskan, sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

“Pelaksanaan sistem merit pada manajemen ASN menjadi penting sebagai upaya mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing. Sistem merit lahir berdasarkan keadilan, kemampuan, prestasi, dan kinerja sebagai landasan dalam proses rekrutmen, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin, dan pensiun pegawai,” terangnya.

Terdapat delapan aspek penilaian dalam penghargaan tersebut. Yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

Sehingga, pihaknya berharap melalui acara Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 dalam mendorong konsistensi dalam menerapkan sistem merit agar terus terjaga.

Sementara itu, Wabup Boyolali yang kerap disapa Iwan mengapresiasi atas capaian keberhasilan Pemkab Boyolali dalam sistem merit.

“Alhamdulillah Kabupaten Boyolali mendapatkan penghargaan kategori baik. Kami sampaikan terimakasih kepada KASN atas penilaian kerja dari ASN yang ada di Kabupaten Boyolali. Nantinya tahun depan untuk bisa ditingkatkan lagi yang semula baik untuk menjadi kategori sangat baik,” ujar Wabup Iwan.

Untuk mencapai predikat tersebut, Wabup Iwan menekankan pada komitmen ASN di lingkungan Pemkab Boyolali untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. (Tim Liputan diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI