Berita kami

Pasar Ikan Bersih Boyolali Dibangun Dua Lantai

16 May 2023 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat (tengah) saat monitoring pembangunan Pasar Ikan Bersih. Selasa (16/05/2023)

 

BOYOLALI – Tidak lama lagi, Kabupaten Boyolali akan segera memiliki pasar ikan, lengkap dengan berbagai kuliner serba ikan. Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali ini telah dimulai tahap pembangunan pada 26 April 2023 yang lalu, dengan menempati eks Lapangan Sunggingan atau tepatnya di timur Pasar Sunggingan di Kecamatan Boyolali.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati mengatakan bahwa pembangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali dimulai pada 26 April 2023 hingga 22 September 2023 mendatang. Dengan menggunakan anggaran Rp 1,6 Miliar yang berasal dari anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, bangunan ini akan dibangun dua lantai.

“Dibangun pasar ikan segar, nanti ada dua lantai. Lantai satu pasar ikan segar kios pasar ikan segar. Lantai dua nanti untuk kuliner berbahan baku ikan juga,” katanya saat ditemui pada Selasa (16/05/2023) di lokasi pembangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali.

Dilanjutkan olehnya, bangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali ini diprioritaskan untuk para pedagang ikan yang belum memiliki lapak. Sedangkan, pedagang yang sudah memiliki lapak, diperbolehkan di lapak masing masing.

“Yang akan menempati di sini diprioritaskan untuk para pedagang ikan yang ada di Pasar Sunggingan maupun di Pasar Boyolali yang saat ini belum memperoleh lapak. Jadi ini nanti khusus untuk pasar ikan dan kulinernya juga berbahan baku ikan,” lanjutnya.

Dengan mengendarai sepeda motor kesayangan, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat memonitoring berbagai pembangunan yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Boyolali, salah satunya pembangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali. Orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini mengapresiasi atas dibangunnya Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali.

“Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali dalam memberikan fasilitasi dantentunya dari Kementerian juga atas perhatiannya terima kasih. Juga agar nantinya apa yang dilaksanakan seperti ini, kita lihat secara langsung tahapan-tahapan proses pembangunan,” jelas Bupati Said singkat.

Sebagai tambahan informasi, Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali akan berdiri 4.000 meter persegi yang akan dilengkapi dengan bangunan pasar, area parkir, akses jalan dan penataan taman. Bangunan Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali akan berdiri seluas 600 meter persegi yang terdiri dari dua lantai.

Lantai pertama difungsikan sebagai lokasi jual beli ikan dengan luas 300 meter persegi yang dilengkapi dengan 14 meja penjualan, satu kios ikan hias, lima kolam ikan, satu ruang pengelola, dua kamar mandi dan memiliki akses untuk kaum disabilitas.

Kemudian, untuk lantai kedua dengan luas 300 meter persegi difungsikan sebagai sarana kuliner berbagai olahan ikan. Lantai ini dilengkapi dengan enam lapak olahan langsung, satu lapak produk kemasan ikan, mushola, area foodcourt, dua kamar mandi serta terdapat akses untuk kaum disabilitas.

Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali diharapkan dapat menjadi pusat jual beli ikan segar dan kuliner ikan di Kabupaten Boyolali dengan kantong parkir yang luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI