Berita kami

Mudik Lebaran, Jalan Tol Solo – Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 6 Kilometer

13 April 2023 Pemerintahan

Foto : Pos pantau sekaligus digunakan untuk tempat istirahat bagi pemudik yang berada di jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta. Kamis (13/04/2023)

 

BOYOLALI - Jalan Tol Solo-Jogja sepanjang 6 kilometer akan dibuka secara fungsional guna memecah kemacetan arus mudik Lebaran 2023 mendatang, tepatnya mengurai kemacetan yang berada di Kawasan Kartasura .

Titik masuk Jalur tersebut di sisi selatan Gerbang Tol Colomadu Kabupaten Karanganyar dan keluar wilayah Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur, Suchandra Hutabarat mengatakan, pada arus mudik lebaran mendatang, kendaraan yang akan melintas di jalur tol fungsional diperkirakan mencapai 800 hingga 1.000 kendaraan per harinya.

“Kami perkirakan bahwa kendaraan yang masuk pada tol fungsional ini bisa mencapai 1.000 kendaraan dari arah Surakarta menuju Jogjakarta,”katanya kepada wartawan,Kamis(13/4/2023).

Hutabarat mengutarakan, jalan tol fungsional ini aka dibuka satu jalur atau one way dan hanya kendaraan golongan 1, dan skenario pembukaanya akan dibagi menjadi dua sesi. Kemudian jalur tersebut hanya difunngsikan pada pukul 06.00-17.00 WIB.

“Untuk fungsional pertama saat arus mudik lebaran, mulai 15 April-24 April 2023 dari Kartosuro menuju Sawit, Boyolali. Arus balik pada 25 April 2023-1 Mei 2023 dari Sawit Boyolali menuju Kartosuro, Sukoharjo. Jadi untuk jalur tol fungsional ini gratis,”jelas dia.

Sementara itu, Mohamad Agus Setiawan Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga mengatakan, Jasa Marga akan mengfungsikan sebagian jalur fungsional dengan tujuan kartosuro-Sawit sepanjang 6 kilometer.

“Dengan dioperasikan jalur fungsional ini, diharapkan dapat membantu kelancaran lalulintas pada saat lebaran mendatang. Jalur fungsional ini sekaligus untuk memberitahukan kepada masyarakat dengan adanya pembangunan tol Solo-Jogja,”pungkasnya.(Tim Liputan Diskominfo)

BAGIKAN ARTIKEL INI