Berita kami

Miliki Layanan Unggulan, RSUD Pandan Arang Siap Layani Kesehatan Masyarakat Boyolali

18 May 2022 Pemerintahan

Foto : RSUD PANDAN ARANG

 

BOYOLALI – Kabupaten Boyolali memiliki rumah sakit tipe B yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Susu. Rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Kabupaten Boyolali yang kini menjadi rumah sakit rujukan dengan berbagai layanan unggulan.
 
“Tentunya ini akan menjadi suatu dorongan bagi kami untuk memberikan suatu layanan yang terbaik untuk seluruh masyarakat Boyolali,” ungkap Direktur RSUDPA Kabupaten Boyolali, FX Kristandiyoko saat dijumpai usai acara Sosialisasi Layanan Unggulan RSUDPA Kabupaten Boyolali di salah satu rumah makan di Kawasan Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali, pada Rabu (18/5/2022).
 
Layanan unggulan tersebut antara lain Emergency Medical Service atau Pre Hospital. Keluarga pasien dapat melakukan panggilan melalui telepon untuk mendapatkan panduan dalam menangani pasien sembari menunggu ambulans rumah sakit datang berikut dengan para tenaga medis yang siap membantu pasien.
 
Layanan yang lain ada laminektomi jadi itu untuk operasi tulang belakang, layanan mengganti tempurung kaki. Di bagian bedah, RSUDPA memiliki layanan unggulan untuk pasien hemoroid atau wasir yang kini rumah sakit tersebut memiliki alat yang dapat digunakan pasien agar tidak merasakan sakit terlalu lama.
 
“Kami juga menjadi layanan terintegrasi hepatitis C dengan HIV, dan itu sudah menjadi ketetapan atau penetapan dari Dinas Kesehatan provinsi,” lanjutnya.
 
Sehingga kini RSUDPA Kabupaten Boyolali memiliki layanan untuk pasien Tuberkulosis Resisten Obat, pasien hepatitis, dan HIV yang tidak bisa ditangani di rumah sakit tipe D dan C bisa langsung dirujuk ke RSUDPA Kabupaten Boyolali karena telah mempunyai dokter subspesialis. Sedangkan untuk pasien tuberculosis, RSUDPA Kabupaten Boyolali telah membangun sarana dan prasarana untuk pasien tuberkulosis.
 
Beberapa layanan unggulan RSUDPA Kabupaten Boyolali tersebut mendapatkan apresiasi dari Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang berkesempatan hadir. Bupati Said mengungkapkan 
 
“Inovasi langkah langkah yang baik tentunya kita akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk mendukung, mengambil langkah langkah yang baik, langkah langkah yang efektif guna memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Boyolali,” kata Bupati Said.
 
Layanan unggulan yang dimiliki oleh RSUDPA Kabupaten Boyolali tersebut telah terintergrasi dengan layanan BPJS Kesehatan. Baik pasien umum maupun dengan layanan BPJS Kesehatan, RSUDPA akan memberikan pelayanan maksimal tanpa ada perbedaan. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI