Berita kami

Mendekati Nataru Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Boyolali Mulai Naik

30 November 2022 Ekonomi

Foto : Seorang pedagang Pasar Tradisional Kota Boyolali sedang menata barang dagangannya. Rabu (30/11/2022)

 

BOYOLALI - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), sebagian kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisonal di Kabupaten Boyolali mulai mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga tersebut rata rata kisaran Rp 1.000 hingga Rp 5.000.

Seorang pedagang sembako di pasar tradisional Boyolali Kota, Tri Heri Wibowo mengatakan, sudah sepekan ini sebagian harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga.

“Sebenarnya sudah seminggu ini sebagian harga sembako yang naik. Tapi kenaikan harga itu sudah sering terjadi ketika menjelang natal dan tahun baru,” katanya saat dijumpai pada Rabu (30/11/2022).

Harga telur yang semula Rp 25.000 per kilogram kini mengalami kenaikan harga menjadi Rp 30.000 per kilogram. Minyak curah dari harga Rp 13.000 kini naik menjadi Rp 16.000, sedangkan harga beras yang semula Rp 10.000 per kilogram kini naik menjadi Rp 11.000.

“Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya kok, kalau mau pergantian tahun atau perayaan natal pasti harga sembako naik. Kenaikan harga mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5.000,” jelas dia.

Hal yang sama diutarakan pedagang sembako lain, Siti Nurhayati. Dia mengaku, kenaikan harga sembako tersebut akan terjadi hingga perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Biasanya kenaikan harga itu hingga hari H perayaan Natal dan Tahun Baru. Kalau stok barang seperti telur, minyak cukup, tinggal kita pesan saja,” ujar dia.

Atas kenaikan sebagian harga kebutuhan pokok tersebut, para pedagang sembako di pasar tradisional Boyolali Kota mengalami penurunan omzet atau pendapatan per hari.

“Ya, dampak dari kenaikan harga itu jelas berpengaruh dengan pendapatan perharinya. Yang biasanya dapat sekian ratus, naik harga jadi segini. Turun pendapatan pokoknya,” kata Siti.

Ia berharap, kenaikan harga sembako tersebut tidak merambat terhadap harga sembako yang lainya, sehingga aktivitas jual beli di pasar tradisional Boyolali tetap berjalan dengan baik.

“Semoga saja, kenaikan harga ini tidak merambat ke harga sembako yang lainnya. Sementara ini yang naik baru telur,beras dan minyak curah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Boyolali, Karsino menyampaikan, stok kebutuhan pokok di Kabupaten Boyolali menjelang Natal dan Tahun Baru masih aman.

“Kalau stok bahan baku kebutuhan pokok saat ini masih aman, dan kenaikan harga sampai saat ini masih dalam tahap wajar,” ungkap Karsino.

Menurutnya, kebutuhan bahan pokok sembako pada Natal dan Tahun Baru jelas akan meningkat. Kendati demikian, harga serta stok barang masih aman.

“Ya, jelas pada perayaan nataru nanti kebutuhan pokok akan meningkat, tapi stok masih aman dan terkendali,” pungkasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI