Berita kami

KPU Boyolali Gelar Pemungutan Suara Ulang Serentak Di Empat TPS

18 February 2024 Pemerintahan

Foto : Warga antusias mengikuti PSU di TPS 7 Desa Mojolegi Kecamatan Teras. Minggu (18/2/2024)

 

BOYOLALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) secara serentak di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari ini, Minggu (18/2/2024).

TPS tersebut adalah TPS 16 Desa Karanggeneng Kecamatan Boyolali akan melakukan PSU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) dan DPD, kemudian TPS 2 Desa Kedunglengkong Kecamatan Simo untuk PSU PPWP, selanjutnya TPS 7 Desa Mojolegi Kecamatan Teras akan melaksanakan PSU PPWP dan DPR RI, dan yang terakhir TPS 13 Desa Urut Sewu Kecamatan Ampel untuk PPWP dan DPD.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, tiga TPS sudah terdeteksi akan melakukan PSU, namun pada Jumat (16/2/2024) terdapat tambahan satu TPS. PSU tersebut dikarenakan adanya pemilih yang tidak berhak memberikan suara di TPS tersebut, tetapi diberikan suara oleh KPPS setempat.

Ditemui di TPS 7 Desa Mojolegi, Ketua KPU Kabupaten Boyolali Maya Yudayanti menyampaikan bahwa pada PSU ini KPPS kembali mengundang Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Tujuan dipilihnya hari Minggu adalah agar masyarakat tetap berpartisipasi dengan baik.

"Antusias masyarakat sejauh ini kita melihat bagus, tingkat partisipasinya juga tinggi itu sebabnya kita pilih hari Minggu karena libur." bebernya.

Ditanya mengenai mekanisme usai PSU ini, Maya menjawab jika nanti setelah proses PSU di TPS selesai maka kotak suara akan langsung dibawa ke kecamatan untuk direkapitulasi secara serentak pada Senin (19/2/2024) bersama kotak suara hasil pemungutan suara Rabu (14/2/2024). Untuk realcount KPU bisa diakses masyarakat melalui portal info pemilu.

Salah satu warga masyarakat Desa Mojolegi, Eka Fajar Nuriski mengaku kecewa dengan adanya PSU ini karena harus meluangkan waktu dan menjadwalkan ulang agenda yang sudah ada sebelumnya. Namun pihaknya tetap berpartisipasi memberikan suaranya pada PSU yang digelar hari ini.

"Semoga nanti untuk kedepannya tidak terulang seperti ini, karena emang juga kita kan ada kegiatan masing-masing ya, supaya juga lebih optimal dan efisien juga waktunya gitu."

Untuk diketahui, pada PSU kali ini, jumlah DPT di TPS 7 Mojolegi dan TPS 16 Karanggeneng sebanyak 227, kemudian TPS 2 Kedunglengkong berjumlah 238, dan TPS 13 Urut Sewu ada 250. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI