Berita kami

Ketua DPR RI Minta Daerah Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19

14 June 2021 Pemerintahan
BOYOLALI - Ketua DPR RI Puan Maharani, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di empat Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten pada Sabtu (12/6/2021). Pada kesempatan itu, Puan meninjau pelaksanaan vaksinasi secara langsung di Kota Surakarta. 
Acara yang di gelar di Balai Kota Surakarta itu turut dihadiri Bupati Boyolali M. Said Hidayat, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Bupati Klaten Sri Mulyani. Selanjutnya tiga kabupaten lain tetap melaksanakan vaksinasi dan dipantau Puan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.
 
Dalam sambutannya, Puan mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ke Soloraya kali ini adalah untuk melakukan percepatan vaksinasi di daerah. Hal ini menyikapi melonjaknya kasus Covid-19 di Jawa Tengah usai libur lebaran. Sebagai contoh, pihaknya menyebutkan Kabupaten Kudus yang sudah hampir tidak bisa mengendalikan lonjakan kasus Covid-19.
 
"Saya harapkan daerah-daerah lain yang ada di Jawa Tengah tentu saja tetap bisa dikendalikan, protokol kesehatan tetap harus dilakukan." ungkapnya.
 
Puan juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk bisa secara terbuka menyampaikan laporan terkait kondisi wilayahnya dengam jujur disampaikan ke pusat.
 
"Tracing, testing tetap harus dilakukan. Vaksinasi harus tetap dilaksanakan, jangan menyembunyikan kondisi wilayahnya," imbaunya.
 
Pada kesempatan itu pula, Puan melakukan dialog langsung dengan Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan mengenai pelaksanaan vaksinasi di Boyolali.
 
"Bisa kami laporkan, sampai sore ini, vaksin dari Ibu Puan Maharani sudah kami berikan kepada 53.859. Yang hari ini juga kami berikan 60 untuk temen-temen difabel dan lansia. Dan untuk alsintan, bantuan dari Ibu, langsung kami serahkan kepada para penerima, baik dari kelompok tani, dan penerima BSPS, benih ikan dan sebagainya sudah langsung diserahkan," jelas Iwan dari ruang Merbabu Boyolali.
 
Menanggapi penjelasan dari Wabup Iwan, Puan meminta kepada semua kepala daerah bisa bergotong-royong, terbuka dan mencari solusi. Dikatakan olehnya bahwa kepala daerah harus melaporkan masalah yang ada agar masyarakat tidak dirugikan.
 
"Kita antisipasi, kita mitigasi. Saya akan tetap mendorong agar ada sinergi dan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," tegas Puan. 
 
Sebagai informasi, selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Ketua DPR RI juga memberikan bantuan kepada empat daerah yang dikunjunginya. Adapun bantuan yang diperoleh Kabupaten Boyolali yaitu alsintan (alat mesin pertanian) 20 unit, pompa air 5 unit. Selanjutnya bibit ikan nila 50.000 ekor, ikan mas 50.000 ekor, ikan mujair 50.000. Kemudian pakan ikan 30.000 paket dan paket gemar makan ikan 250.000 orang. Ada pula bibit produktif terdiri dari alpukat, jambu kristal dan kelengkeng 15.000 batang, dan kebun bibit rakyat 2 unit. Serta yang terakhir motor roda tiga pengangkut sampah 2 unit.
(Tim Liputan Diskominfo Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI