Berita kami

Kemegahan Garuda Wisnu Kencana Menjadi Saksi Bisu Kehebatan Duta Seni Boyolali

14 December 2022 Budaya

Foto : Disaksikan ratusan pasang mata wisatawan di panggung outdoor Garuda Wisnu Kencana Bali, Duta Seni Pelajar Boyolali tahun 2022 saat tampil bawakan tarian Topeng Ireng. Sabtu (10/12/2022)

BADUNG, BALI – Disaksikan ribuan orang, Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 sukses mementaskan tarian tradisional Boyolali di Pulau Bali. Tepat di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, mereka menampilkan sejumlah tarian khas Kabupaten Boyolali pada Sabtu (10/12/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto mengungkapkan bahwa pementasan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 di Pulau Dewata berjalan lancar dan sukses, dilihat dari antusias penonton.

“Baik wisatawan domestik se-Nusantara, maupun mancanegara yang berjumlah ribuan orang. Dengan harapan bisa lebih baik lagi mengelola warisan kebudayaan sebagai salah satu pilar untuk memperkokoh bangsa dan Negara,” kata Darmanto.

Dalam pementasan tersebut, Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 pentas di dua panggung, indoor stage dan outdoor stage. Di panggung indoor stage, mereka menampilkan lima tarian.Diantaranya, Tari Garuda Nusantara yang menggambarkan garuda sebagai benteng negara, Tari Jaran Kepang Boyolali yang menggambarkan semangat etos kerja keras masyarakat Kabupaten Boyolali, Tari Barong, Tari Kala Krida yang menggambarkan masyarakatKabupaten Boyolali mampu memanfaatkan waktu untuk bekerja, ditutup Dengan Topeng Ireng Gugur Gunung.

Di panggung outdoor stage, mereka juga membawakan Tari Topeng Ireng Krido Gugur Gunung yang menceritakan kekompakan, kebersamaan dalam gotong royong masyarakat Kabupaten Boyolali yang divisualisasikan dalam gerakan, tari pergaulan dengan judul Gaul Gaul, dan diakhiri dengan menampilkan Tari Kecak yang menceritakan perjuangan Garuda Wisnu mendapatkan air suci Amarta.

Pimpinan Kelompok Tari Kecak, Wayan Sugiarta sangat mengapresiasi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022. Dia berharap tarian yang berasal dari Kabupaten Boyolali khususnya Tari Topeng Ireng dapat dikenal baik di skala nasional maupun internasional.

“Anak anak duta seni harus terus menggaungkan seni budaya tradisi sebagai warisan budaya yang tidak boleh punah atau hilang ditelan jaman. Upaya upaya tersebut tentunya
sesuatu hal yang positif bagi khasanah budaya bangsa,” ungkapnya.

Dengan keindahan dan kemegahan suasana GWK, serta dibalut oleh temaram senja, Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 mampu menghipnotis wisatawan, sehingga wisatawan ikut berbaur serta menari bersama.

Salah pengunjung, Yustra sangat berkesan dengan pengalaman baru yang ikut serta menarikan Tarian Topeng Ireng.

“Senang sekali dengan kultur dan seni budaya Indonesia yang beragam, keramahan serta keindahan Bali. Sangat antusias,” ujar warga asal Palestina. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI