Berita kami

Ganti Kertas Suara, Pelantikan KPPS Dibarengi Penanaman Pohon

25 January 2024 Pemerintahan

Foto : Pelantikan KPPS di Balai Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel. Kamis (25/01/2024)

 

BOYOLALI - Mendekati agenda Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung bulan depan tepatnya tanggal 14 Februari 2024, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilantik secara serentak se - Kabupaten Boyolali hari ini, Kamis (25/1/2024) di setiap desa.

Ditemui di Balai Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel, Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Maya Yudayanti menjelaskan, pelantikan KPPS dilaksanakan secara serentak hari ini dengan waktu yang berbeda-beda dikarenakan keterbatasan petugas dan dilakukan secara luring. Namun jika ada anggota KPPS yang berhalangan, dapat mengikutinya secara daring.

Sesuai data KPU, jumlah total KPPS yang dilantik pada hari ini adalah 23.863 orang yang akan bertugas di 3.409 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Maya menambahkan, selain pelantikan KPPS, KPU juga melakukan penanaman pohon sebanyak jumlah KPPS yang ada dan untuk lokasinya ditentukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing desa.

"Jadikan dalam Pemilu 2024 ini ada surat suara, ada formulir, dan bahannya dari kertas dan bahan kertas adalah pohon. Ada jutaan pohon yang ditebang untuk kebutuhan Pemilu ini, jadi itu simbolik penggantian dari kertas yang kita gunakan." terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ampel, Sriyono mengatakan, usai dilantik, seluruh KPPS akan mengikuti bimbingan teknis (bintek) secara serentak yang akan dilaksanakan Sabtu dan Minggu (27-28/1/2024) di setiap desa. Bintek dilakukan selama 6-7 jam per hari dengan materi dari KPU RI tentang pra pemilihan hingga penghitungan hasil dan penggunaan aplikasi SIREKAP.

"Semua dilakukan secara luring, yang tidak bisa hadir secara luring akan kita laksanakan kembali bintek di tingkat PPK." ujarnya. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI