Berita kami

Eks Pasar Mangu Akan Disulap Jadi Ruang Terbuka Hijau

24 July 2023 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat melakukan monitoring di eks Pasar Mangu. Senin (24/07/2023)

BOYOLALI – Usai dilakukan revitalisasi Pasar Mangu pada Tahun 2018 yang lalu, kini eks Pasar Mangu tersebut akan disulap oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin). Pasar yang berada di Dukuh Kebonagung, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak tersebut akan diubah menjadi ruang terbuka hijau.

Untuk melihat perkembangan pembangunan, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat melakukan monitoring di eks Pasar Mangu tersebut.

Kepala Disdagperin Kabupaten Boyolali, Darmadi mengatakan bahwa eks Pasar Mangu tersebut akan dialih fungsi menjadi ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan taman. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Luasnya kurang lebih 2.742 meter persegi dengan anggaran Rp 1,5 Miliar,” katanya dijumpai saat melakukan monitoring eks Pasar Mangu pada Senin (24/07/2023).

Dilanjutkan olehnya, dan pembangunan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Perubahan Tahun 2023 Kabupaten Boyolali tersebut, eks Pasar Mangu juga akan dilengkapi dengan patung ikon berupa dua tangan yang memegang kerangjang dengan tinggi kurang lebih 3 meter untuk lebih menarik masyarakat agar berkunjung.

“Setelah jadi untuk masyarakat bisa untuk refreshing disini. Nanti juga akan dibuatkan panggung. Ikon sayur ini permintaan dari masyarakat sekitar karena masyarakat sekitar rata rata berjualan sayur di pasar,” ujarnya.

Senada, tokoh masyarakat Kecamatan Ngemplak, Agung Supardi menyambut baik atas rencana Pemkab Boyolali unutk membangun ruang terbuka hijau di Kecamatan Ngemplak. Terlebih dengan pembangunan ikon sayur yang menggambarkan Pasar Mangu yang beroperasi 24 jam beserta masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai penjual sayur.

“Sangat respon sangat luar biasa dan ini akan menjadi sejarah untuk di Ngemplak karena akan ada ikon sayur,” ungkap Agung yang juga merupakan salah satu anggota DPRD Kabupaten Boyolali ini.

Direncanakan, pembangunan eks Pasar Mangu ini akan dilakukan pada Bulan September 2023 dan akan selesai pada Desember 2023 esok. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI