Berita kami

DKP Boyolali Edukasi Masyarakat dengan Olahan Susu yang Kaya Manfaat

08 August 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat (kiri) bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Boyolali, Desy M. Said Hidayat (kanan) bersama salah satu siswa SD N I Siswodipuran Boyolali dalam acara Gerakan Konsumsi Pangan Olahan Susu di Gelanggang Anuraga. Senin (8/8/2022)

 

BOYOLALI – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Boyolali berupaya untuk mewujudkan Misi III Bupati dan Wakil Bupati Boyolali yakni Boyolali Kota Susu, Lumbung Pangan Nasional dengan menggelar Kegiatan Gerakan Konsumsi Pangan Olahan Susu. Kegiatan yang digelar di Gelanggang Anuraga Kabupaten Boyolali pada Senin (08/08/2022) ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para peternak sapi serta pelaku usaha pangan olahan susu di Kabupaten Boyolali.

“Memotivasi UMKM atau pelaku usaha katering di Kabupaten Boyolali untuk memanfaatkan potensi susu yang melimpah menjadi aneka produk makanan tradisional yang layak menjadi makanan khas atau oleh oleh khas Boyolali,” kata Kepala DKP Kabupaten Boyolali, Joko Suhartono di sela kegiatan.

Dengan menghadirkan 300 peserta dari pemerhati kuliner (cooking chef), pelaku UMKM, organisasi Wanita, guru dan siswa SD dan SMP, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi untuk bisa mengkonsumsi susu tidak hanya dalam bentuk minuman namun juga pangan dari bahan susu.

Ditambahkan oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat bahwa kegiatan Gerakan Konsumsi Pangan Olahan Susu dapat meningkatkan inovasi pengolahan susu jadi bahan baku pangan atau bahan campuran dalam pembuatan aneka makanan tradisional yang menjadi makanan khas Kabupaten Boyolali sebagai bagian dari produktivitas yaitu Boyolali Kaya Rasa.

“Boyolali kaya rasa atas kekayaan hasil pertanian dan perternakan kita. Bagaimana kita mampu mengolah yang pada akhirnya menjadi Boyolali Kaya Rasa. Artinya, kekayaan rasa kita atas hasil panen kita sendiri, kita olah menjadi produk produk pangan lokal kita,” ungkap Bupati Said.

Susu tidak hanya dikonsumsi sebagai minuman, akan tetapi bisa menjadi bahan dasar atau bahan campuran dalam pembuatan aneka olahan makanan yang lezat dan bergizi. Beberapa produk olahan makanan berbahan dasar susu di Kabupaten Boyolali antara lain Pie susu, Suket klopo (susu kentang klopo), Timus cream chesse, Stoup makaroni mocaf, Cream cheese, keju, es krim, tahu susu dan yoghurt. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI