Berita kami

Disdikbud Mulai Sosialisasikan Program Duta Seni Pelajar Tahun 2024

20 March 2024 Pemerintahan

Foto : Kepala Disdikbud Boyolali, Supana (kiri) memimpin sosialisasi Program Duta Seni Pelajar Nusantara tahun 2024. Rabu (20/03/2024)

 

BOYOLALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali mulai melakukan Sosialisasi Program Duta Seni Pelajar Tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula kantor setempat pada Rabu (20/3/2024) dan diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SMP/Sederajat yang ada di wilayah Kabupaten Boyolali.

Adapun syarat umum peserta Duta Seni Pelajar Tahun 2024 ini adalah merupakan pelajar SMP/MTS kelas 7, kemudian harus berdomisili di Kabupaten Boyolali, tinggi badan minimal putri 150 cm dan putra 155 cm, serta sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit yang mudah kambuh.

Untuk pendaftaran dibuka mulai Selasa hingga Kamis (19-28/3/2024) di Museum Hamong Wardoyo Kabupaten Boyolali atau Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Boyolali. Kemudian penyeleksian berkas mulai Selasa hingga Minggu (26-31/3/2024), dan pelaksanaan tes tertulis pada Kamis (18/4/2024). Selanjutnya proses audisi 1,2 dan 3 akan diinfokan lebih lanjut oleh panitia.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Supana mengatakan, Program Duta Seni ini dibuka bagi seluruh pelajar yang memiliki bakat yang nantinya akan dilakukan proses seleksi secara bertahap hingga mendapatkan 20 anak yang akan melakukan Misi Kebudayaan ke Nusantara Tahun 2024 ini.

“Kalau konsep sama kita itu menyuguhkan jenis kesenian tarian yang merupakan ciri khas Kabupaten Boyolali, yang dibakukan kita pada Topeng Ireng Gugur Gunung itu.” bebernya.

Sementara itu, Ketua Ketholeng Institut Kabupaten Boyolali Ribut Budi Santoso yang terlibat dalam pemilihan Duta Seni Pelajar ini mengungkapkan, berdasarkan evaluasi tahun-tahun sebelumnya, maka untuk tahun 2024 ini akan diberikan materi tertentu terkait dengan karakter pelajar.

“Jadi memang karakter itu sekarang perlu, bagaimana nanti pelajar itu bisa melakukan misi kebudayaan khususnya kebudayaan di Kabupaten Boyolali, seni dan budaya yang akan kita tampilkan kepada kota-kota di nusantara.” katanya.

Untuk diketahui,pada tahun 2022 lalu Duta Seni Pelajar Nusantara melakukan misi kebudayaan ke Pulau Sumatera (Kota Padang), Pulau Bali dan Pulau Kalimantan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sedangkan di tahun 2023 Duta Seni Pelajar Nusantara melakukan misi kebudayaan ke Pulau Sulawesi ( Kota Makassar), Jawa Barat di Kota Bandung dan Pulau Bali. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI