Berita kami

Disdikbud Boyolali Serahkan Buku Hasil Kajian Cagar Budaya Tahun 2022

14 June 2023 Pemerintahan

Foto : Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali menyerahkan hasil kajian kebudayaan tahun 2022 yang diterima Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di Ruang Merbabu Kantor Bupati. Selasa (13/06/2023)

 


BOYOLALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali menggelar acara penyerahan hasil kajian Cagar Budaya di Kabupaten Boyolali tahun 2022. Agenda tersebut dilaksanakan di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali pada Selasa (13/6/2023) malam yang sekaligus untuk memperingati Hari Purbakala Nasional yang jatuh pada hari ini Rabu (14/6/2023). Di dalam dunia arkeologi Indonesia, salah satu peristiwa yang diperingati setiap tahun adalah hari purbakala yang jatuh pada tanggal 14 Juni.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto menjelaskan, terdapat tiga hasil kajian cagar budaya benda yakni situs Gumuk Candi di Tlawong Kecamatan Sawit, Situs Batu Tulis di Kecamatan Cepogo, dan Situs Timboa di Lereng Gunung Merbabu Kecamatan Gladagsari. Kemudian satu cagar budaya tak benda yaitu Tari Jangkrik Ngenthir berasal dari Kecamatan Selo yang kedepannya jika memenuhi syarat akan diusulkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Yang pasti dengan hasil kajian ini nanti kita sosialisasikan kepada masyarakat untuk bersama-sama kita jaga bersama-sama kita rawat sebagai fase kehidupan yang ada di Boyolali.” katanya.

Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat menyampaikan dalam sambutannya, agar kekayaan budaya di Boyolali dituliskan kedalam buku agar tidak hanya dijadikan cerita secara lisan dan kemudian hilang.

“Tapi masih banyak lagi yang kita minta untuk terus tanpa berhenti untuk menuliskan apa yang Boyolali ini miliki, kekayaan dari sisi budaya kita, karena sesungguhnya itu akan menjadi panduan langkah kita dalam membangun Kabupaten Boyolali kedepan.” ungkapnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI