Berita kami

Desa Gunung, Simo Jadi Lokasi Program TMMD Sengkuyung Tahap II

08 May 2024 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat memukul kentongan membuka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun di Desa Gunung, Kecamatan Simo. Rabu (08/05/2024)

 

BOYOLALI – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 dilaksanakan. Kegiatan pembangunan yang melibatkan anggota TNI dan warga masyarakat di Kabupaten Boyolali ini digelar di Desa Gunung, Kecamatan Simo ini dimulai Rabu (08/05/2024) hingga Kamis (06/06/2024). Tanda dimulainya kegiatan dengan dilakukan upacara pembukaan di lapangan desa setempat yang dihadiri oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dan Komandan Kodim (Dandim) 0724 Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim menjelaskan luas wilayah dalam program betonisasi jalan yakni sepanjang 200 meter, lebar 3,5 meter dan tebal 0,12 meter, adapula betonisasi jalan yakni sepanjang 1.010 meter, lebar tiga meter dan tebal 0,12 meter serta talud jalan dengan volume 175 meter kubik. Selain menyasar pembangunan fisik, TMMD juga menyasar pada kegiatan non fisik.

“Ini adalah bentuk sinergitas pemerintah daerah, Kodim 0724 Boyolali dan Polres Boyolali bersama dengan masyarakat untuk mempercepat pembangunan khususnya di Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali,” jelasnya.

Selain itu, Dandim juga berharap agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara jalan yang sudah terbangun agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bupati Said menekankan pada semangat kebersamaan dan kegotongroyongan di semua elemen masyarakat. Sehingga diharapkan dengan langkah kebersamaan tersebut, pembangunan di Kabupaten Boyolali dapat dilakukan dengan baik. Sehingga, Bupati Said berharap pembangunan jalan di desa setempat tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentunya harapan kita apa yang dibangun TMMD tahun ini di Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya dan akhirnya nanti dapat dimanfaatkan dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat khususnya Desa Gunung dan sekitar Simo yang memanfaatkan lalu lintas jalan yang terbangun,” ungkap Bupati Said.

Salah satu masyarakat Desa Gunung, Sularto mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dan TNI yang telah membangun jalan di desanya yang bias menghubungkan antar desa ini. Dari jalan tersebut, akses transportasi menuju wilayah sekitar menjadi lebih mudah untuk dilewati kendaraan jika dibandingkan dengan kondisi jalan yang sebelumnya.

“Sangat senang sekali. Nanti pengerjaannya gantian per RT setiap hari. Senang sekali,” katanya.

Ada tiga sumber dana yang digunakan. Ketiga sumber dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 230 juta, APBD Kabupaten Boyolali sebesar Rp 500 juta dan yang terakhir berasal dari Swadaya Masyarakat sebesar Rp 72.943.000 sehingga total sejumlah Rp 802.943.000.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bingkisan berupa bantuan sembako dari Baznas Kabupaten Boyolali kepada puluhan masyarakat di Desa Gunung. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI