Berita kami

Canangkan Sub PIN Polio Di Boyolali, Bupati : Dengan Anak-anak Yang Sehat, Generasi Sehat, Akan Berikan Satu Hal Terbaik Untuk Teruskan Pembangunan

15 January 2024 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat meneteskan vaksin Polio kepada balita.Senin (15/1/2024)

 

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali mulai melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilakukan secara seretak pada hari ini, Senin (15/1/2024). Hal ini dilatarbelakangi adanya penemuan penyakit Polio di daerah Manisrenggo, Kabupaten Klaten dan Jawa Timur yang telah menjadi kejadian luar biasa (KLB).

Ditemui di lokasi pencanangan Sub PIN Polio Balai Kampung Sumberlerak Kelurahan Siswodipuran, Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali Puji Astuti menjelaskan, pelaksanaan Sub PIN Polio ini akan dilakukan selama dua putaran. Putaran pertama tanggal 15 - 21 Januari 2024, dan putaran kedua 19 - 25 Februari 2024, untuk 106.642 anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan 29 hari. Imunisasi gratis ini bisa dilayani di Puskesmas, Posyandu, maupun sekolah.

“Kita berharap bahwa nanti dengan adanya Sub PIN ini maka pencegahan terhadap penyakit Polio ini bisa terjadi di Kabupaten Boyolali.” ungkapnya.

Senada, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Boyolali Teguh Tri Kuncoro turut mengimbau seluruh masyarakat agar mengikutsertakan anak-anaknya yang masih berusia 0 sampai 7 tahun dalam Sub PIN polio ini.

“Karena Polio ini penyakit yang sangat berbahaya maka saya imbau untuk seluruh masyarakat Boyolali, untuk anak dibawah 8 tahun untuk bisa dilakukan imunisasi di pos-pos imunisasi selama pekan imunisasi nasional ini, sehingga penyakit polio tidak muncul kembali di Boyolali.” imbaunya.

Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat berharap tidak ada anak yang terserang Polio dan selalu dalam keadaan sehat, karena anak-anak merupakan generasi penerus laju pembangunan di Kabupaten Boyolali. Pihaknya juga berpesan kepada Dinkes Kabupaten Boyolali agar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali untuk melakukan percepatan Sub PIN Polio di sekolah-sekolah.

“Tentunya dengan anak-anak yang sehat, tentunya generasi yang sehat akan dapat memberikan satu hal yang terbaik dalam upaya meneruskan pembangunan.” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Said beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Boyolali Desy Adiwarni M. Said Hidayat meneteskan vaksin Polio kepada beberapa balita sebagai tanda dicanangkannya Sub PIN Polio di Kabupaten Boyolali. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI