Berita kami

Boyolali Peringkat Empat Capaian Vaksinasi se-Jateng

01 February 2021 Pemerintahan

BOYOLALI – Sepekan lalu, tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Boyolali menerima vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19) tahap pertama. Capaian vaksinasi Sinovac di Kota Susu mencapai 77,26 persen dari total 3.822 nakes.

 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina saat ditemui di aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali, Senin (1/2/2021).

 

“Untuk pencaian vaksinasi dosis pertama tahap pertama di Kabupaten Boyolali saat ini sudah mencapai 77,26 persen. Dimana capaian 77,26 persen ini kalau dirangking se-Jawa Tengah, Boyolali menduduki rangking empat,” ungkapnya.

 

Hal tersebut dapat dicapai karena pihaknya memperbanyak fasilitas kesehatan (faskes) untuk pelaksana imunisasi.

 

“Di Boyolali ada 52 faskes yang melaksanakan imunisasi sehingga itu akan mempercepat proses penyelesaian sasaran yang ada di Kabupaten Boyolali,” ujarnya.

 

Dari jumlah sasaran 3.822 nakes di Kabupaten Boyolali, yang sudah divaksin sebanyak 2.953 nakes dan yang ditunda sebanyak 111 nakes, sedangkan yang batal vaksin ada 291 nakes.

 

“Belum bisa mencapai 100 persen karena masih ada yang ditunda. Ditunda bisa karena faktor kesehatan, bisa juga sedang mendapatkan imunisasi yang lain, sehingga tidak bisa dilakukan pemeriksaan atau ada alasan-alasan lain,” katanya.

 

Dijelaskan lebih lanjut, nakes yang batal menerima vaksin dikarena sudah pernah menjadi penderita Covid-19 atau penyitas, dan juga bisa jadi sedang menyusui, sedang menjalani program hamil atau sedang hamil. (dst)

BAGIKAN ARTIKEL INI