Berita kami

BLK Boyolali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap Pertama Tahun 2024

30 April 2024 Pemerintahan

Foto : Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap I UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Boyolali. Senin (29/04/2024)



BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali di bawah naungan Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Boyolali menyelenggarakan pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap I di aula kantor setempat Senin (29/04/2024).

Dalam laporannya, Kepala UPT BLK Kabupaten Boyolali, Sugeng Raharjo bahwa diselenggarakannya Pelatihan Berbasis Kompetensi untuk memberikan keterampilan melalui pelatihan kerja kepada masyarakat usia kerja di Kabupaten Boyolali agar dapat mengisi peluang kerja di industri maupun berwirausaha.

”Membekali serta mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri dan usaha jasa lainnya. Meningkatkan Kompetensi para pencari kerja sebagai lanjutan dari ketrampilan yang dimiliki sebelumnya,” ungkapnya.

Jumlah Paket Pelatihan Tahun anggaran 2024 sebanyak 23 paket pelatihan dengan rincian dari sumber dana APBD sebanyak 11 Paket Pelatihan dan sumber dana APBN 12 Paket Pelatihan.

“Pelatihan tahap I dimulai pada hari Senin tanggal 22 April 2024 dan akan berakhir pada tanggal 04 Juli 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskopnaker Kabupaten Boyolali, Bambang Sutanto mengatakan bahwa program pelatihan ini prospektif bagi perkembangan ekonomi dan dunia usaha di Kabupaten Boyolali.

“Pelatihan ini diharapkan nantinya dapat menambah ketrampilan, menciptakan peluang kerja baru, serta para peserta yang mempunyai ketrampilan ini dapat membuka lapangan kerja sendiri atau berwirausaha,” katanya.

Sebanyak 23 paket pelatihan tersebut dibagi menjadi 4 tahap pelaksanaan. Antara lain, Ketrampilan Tata Boga Pembuatan Roti dan Kue sebanyak 16 orang, Ketrampilan Teknik Manufaktur sebanyak 16 orang, Ketrampilan TIK Administrasi Perkantoran sebanyak 16 orang, Practical Office Advance sebanyak 16 orang, Servis Sepeda Motor Injeksi sebanyak 16 orang, dan Plate Welder Pengelasan SMAW 3G sebnyak 16 orang. Sehingga total ada 96 orang yang mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap I. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI