Berita kami

Berpakaian Kejawen Jangkep, ASN Boyolali Khidmat Ikuti Upacara Hari Jadi Boyolali

05 June 2023 Pemerintahan

Foto : Srah panampining serat kekancingan, tombak, lan songsong pamrentahan, saking sesepuh DPRD katur Bupati Boyolali

 

BOYOLALI – Suasana berbeda terlihat di Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali, pada Senin (05/06/2023) pagi. Dengan berbusana kejawen jangkep, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mengikuti upacara peringatan Hari Jadi ke-176 Kabupaten Boyolali. Upacara ini juga turut disiarkan secara langsung pada kanal Youtube Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali.

Para peserta upacara yang mengenakan busana beskap bagi yang pria, sementara kebaya nyamping wiru dikenakan kaum wanita ini tertib menaati seluruh aba-aba atau instruksi yang semuanya menggunakan bahasa Jawa termasuk kostum petugas upacara yang identik dengan busana seragam khas keraton Kasunanan Surakarta ini.

Upacara diawali dengan uraian singkat sejarah Kabupaten Boyolali yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, Marsono. Sementara bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Boyolali M. Said Hidayat juga memberikan amanat dalam bahasa Jawa. Pihaknya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada jajaran pegawai Pemkab Boyolali yang telah bekerja keras untuk memajukan Kabupaten Boyolali.

“Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh lini jajaran Pemerintah Kabupaten Boyolali yang sudah menyatu nyawiji dalam rangka untuk mempercepat laju pembangunan di Kabupaten Boyolali,” ungkap Bupati Said.

Melalui semangat Boyolali Metal, Melangkah Bersama Menata Bersama Penuh Totalitas, Bupati Said meminta kepada seluruh elemen untuk berperan aktif dalam membangun Kabupaten Boyolali.

“Maka dengan semangat Boyolali Metal untuk kita terus Melangkah Bersama, Menata Bersama, dan Penuh Totalitas inilah yang harus kita tunjukan untuk memacu semangat kita dalam rangka membangun Kabupaten Boyolali. Dan itu semua harus didasari rasa cinta kita kepada masyarakat.,” kata Bupati Said.

Dengan momentum hari jadi ini Kabupaten Boyolali, Bupati Boyolali juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah menorehkan pengharagaan bagi Kabupaten Boyolali. Pengharagaan yang diraih oleh Pemkab Boyolali antara lain, penghargaan Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2022 dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) sebagai Peringkat I Kategori Pemerintahan Kabupaten dengan indeks 88,33 tertinggi se- Indonesia.

Adapula penghargaan Adipura Ke-14 di tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian Ke-12 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dan masih banyak penghargaan lainnya.

Sebelum digelar Upacara Hari Jadi, Pemkab Boyolali juga menggelar Niti Tilas Perjalanan Ki Ageng Pandanaran di Taman Kali Gedhe, Kampung Sumberlerak; Kelurahan Siswodipuran; Kecamatan Boyolali pada Minggu (04/06/2023) malam. Dalam acara tersebut disajikan suatu fragmen yang bercerita mengenai perjalanan Ki Ageng Pandanaran di Kabupaten Boyolali.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Said beserta rombongan menuju Taman Makam Pahlawan Ratna Negara Kabupaten Boyolali untuk berziarah. Acara yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan tersebut diakhiri dengan tabur bunga di pusara para pahlawan.

Acara dilanjutkan dengan silaturahmi di kediaman Mantan Wakil Bupati periode 2000-2005 Habib Masturi yang berada di Kelurahan Banaran, Kecamatan Boyoali dan kediaman Almarhum Mantan Bupati Boyolali Periode 2005-2010 Sri Moeljanto di Desa Metuk, Kecamatan Mojosongo. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI