Berita kami

Warga Binaan Rutan Boyolali Divaksinasi

27 July 2021 Pemerintahan
Foto :  Warga binaan penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Boyolali saat diberikan vaksin jenis SinoVac oleh petugas medis. Selasa (27/7/2021)
 
BOYOLALI – Warga binaan penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Boyolali tak luput dari sasaran program vaksinasi. Hal tersebut merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19.
 
Sebanyak 198 warga binaan tersebut mendapatkan vaksin SinoVac dosis pertama yang dilakukan pada Selasa (27/7/2021) bertempat di aula rutan yang berlokasi di Kampung Masahan, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, 178 warga binaan laki-laki dan 20 warga binaan perempuan divaksin sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Permasyarakatan.
 
“Kurang lebih total hari ini yang kita laksanakan vaksinasi ada 198 sekitar 200. Ini semuanya khusus buat narapidana baik laki laki maupun perempuan,” kata Kepala Rutan kelas IIB Boyolali, Agus Imam Taufik di sela kegiatan vaksinasi.
 
Dijelaskan, warga binaan merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang perlu untuk melaksanakan vaksinasi. Keterbatasan warga binaan untuk menjaga jarak menyebabkan Covid-19 mudah menyebar sehingga perlu adanya vaksinasi untuk melindungi warga binaan.
 
“Karena warga binaan ini sudah overcrowded, mereka sangat rentan sekali terkena penularan Covid-19. Untuk melakukan sosial distancing mereka sangat sulit,” ungkapnya.
 
Disinggung mengenai petugas rutan yang berjaga, pihaknya mengatakan terdapat lima petugas yang ikut dalam vaksinasi warga binaan. Petugas tersebut merupakan penyitas Covid-19 beberapa waktu yang lalu sehingga belum mendapatkan vaksinasi yang kemudian akan mendapatkan vaksin berbarengan dengan vaksinasi waga binaan.
 
“Ada beberapa petugas yang kemarin belum melaksanakan vaksin ada lima orang petugas, Kebetulan saat itu mereka sebagai penyitas Covid-19 sehingga belum bisa dilaksanakan vaksinasi. Saat ini mereka akan kembali melaksanakan vaksinasi bergabung dengan warga binaan,” ujarnya.
 
Beberapa waktu yang lalu, pihaknya telah melakukan tes antigen Covid-19 ke warga binaan dan lima orang diantaranya menunjukan indikasi terpapar Covid-19. Sehingga warga binaan tersebut menempati ruang isolasi mandiri yang telah disiapkan petugas. 
 
Salah satu warga binaan yang mendapatkan vaksinasi, Tri Wahyu Wibowo menyambut baik adanya program vaksinasi untuk warga binaan.
 
“Biar kita semua bisa sehat semua bisa menjalankan aktifitas seperti biasanya,” harap warga binaan asal Kecamatan Sambi ini. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI