Berita kami

Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Hanya Digelar di Tingkat Kabupaten

13 August 2021 Pemerintahan

Foto : Anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) Kabupaten Boyolali, sedang berlatih di Alun-Alun Kidul, Komplek Pekantoran Terpadu Pemda. Jumat (13/8/2021)

 


BOYOLALI – Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) tinggal beberapa hari lagi. Agenda upacara pengibaran bendera hanya terpusatdi tingkat Kabupaten yang digelar di Alun-alun Kidul Boyolali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Nantinya, upacara hanya akan diikuti oleh peserta yang terbatas mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Selain peserta, petugas juga dibatasi jumlahnya termasuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Boyolali, Suratno menjelaskan, Paskibraka Kabupaten Boyolali yang bertugas sejumlah delapan orang. Jumlah tersebut tersaring dari 20 siswa yang mendaftar dari seluruh SMA/SMK yang ada di Kabupaten Boyolali. Kemudian setelah dilakukan seleksi, terpilihlah delapan orang tersebut untuk tingkat kabupaten, dan satu orang lolos menjadi Paskibraka tingkat provinsi.

“Untuk rekrutmen anggota paskibraka tahun 2021, ada pendaftar sebanyak 20 orang, dan salah satu diantaranya lolos untuk menjadi anggota tim paskibraka tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya dari 19 orang yang ada, kemudian diseleksi untuk rekrutmen tim paskibraka Kabupaten Boyolali tahun 2021 sebanyak delapan orang,” terang Suratno saat pelaksanaan gladi upacara pada Jumat (13/8/2021) pagi di Alun-alun Kidul Boyolali.

Adapun siswa-siswi yang terpilih menjadi Paskibraka tingkat Kabupaten Boyolali Tahun 2021 yaitu Bima Tri Kurniawan dari SMAN 1 Teras; Haniv Andika SMAN 1 Wonosegoro; dan Dwi Rahayu dari SMAN 3 Boyolali, yang akan bertugas mengibarkan bendera pada Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI pagi hari. Selanjutnya Faiz Pribadi dari SMAN 2 Boyolali, Salahudin Prabowo dari SMA BK 2 Boyolali, dan Fina Malida dari SMAN 1 Wonosegoro sebagai petugas pada Upacara penurunan bendera pada sore harinya. Dan dua orang lainnya yang bertugas sebagai cadangan adalah Putra Agus Fadiyansah dari SMAN 1 Klego, dan Nabila Paramita Azzahra dari SMAN 1 Boyolali.

Selanjutnya, Paskibraka Tingkat Kabupaten Boyolali tahun 2021, diwacanakan akan dikukuhkan Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan siang hari ini di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali.

Mengenai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Suratno menegaskan hanya dilaksanakan di tingkat Kabupaten. Pihaknya mengimbau agar seluruh masyarakat tidak melaksanakan upacara guna mencegah penularan Covid-19.

“Kami mengimbau untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Boyolali, baik di tingkat kecamatan maupun di desa untuk tahun ini tidak dilaksanakan upacara, mengingat kondisi pandemi Covid yang masih demikian tinggi tingkat penyebaran dan penularan Covid-19 di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang anggota paskibraka yang berasal dari SMAN 3 Boyolali, Dwi Rahayu merasa sangat senang dan bangga atas terpilihnya menjadi pembawa bendera pada Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tingkat Kabupaten Boyolali. Siswi kelas X ini mengaku sudah menjalani latihan terpusat di tingkat Kabupaten sejak Selasa (10/8/2021) hingga sekarang.

“Untuk saat ini saya sangat excited [sangat senang], saya sangat bangga kepada diri saya sendiri dan saya berusaha untuk semaksimal mungkin untuk mengibarkan bendera dengan baik dan benar,” ungkapnya singkat. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI