Berita kami

TMMD Reguler Ke-114 Desa Jerukan Bangun Jalan Sepanjang 1.500 Meter

24 August 2022 Sosial
Foto : Wakil Bupati Wahyu Irawan (kanan) bersama Kadispotdirga Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Kes Drs Wing Sukarno(kiri) meresmikan proyek jalan TMMD Reguler Ke-114 Tahun Anggaran 2022 di Desa Jerukan, Kecamatan Juwang. Rabu (24/08/2022)
 
BOYOLALI – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-114 Tahun Anggaran 2022 di Desa Jerukan, Kecamatan Juwangi resmi berakhir. Kegiatan pembangunan yang melibatkan anggota TNI dan warga masyarakat di Kabupaten Boyolali ini ditutup pada Rabu (24/08/2022) dengan upacara penutupan di lapangan desa setempat ditandai dengan penandatangan kegiatan TMMD oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan.
 
Selain dihadiri oleh Wabup yang kerap disapa Iwan, upacara penutupan juga dihadiri oleh Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin; Dandim 0724/Boyolali, Letkol Arm. Ronald Siwabessy; Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Boyolali, M. Anshar Wahyuddin; beserta segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.
 
Wabup Iwan menjelaskan, dalam kegiatan TMMD kali ini telah berhasil terbangun betonisasi jalan sepanjang 1.526 meter, lebar empat, tiga dan satu meter dan tebal 0,15 meter. Betonisasi jalan usaha tani tersebut diharapkan dapat memperlancar perekonomian masyarakat sekitar dalamn membawa hasil panen.
 
“Semoga warga Desa Jerukan lebih sejahtera. Dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Boyolali, Pemerintah Kabupaten Boyolali selalu bersinergi,” ungkap Wabup Iwan.
 
Kegiatan TMMD di Desa Jerukan tersebut menelan anggaran senilai Rp 686.456.000. Jumlah tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 170 juta, APBD Kabupaten Boyoalli sebesar Rp 476.750.000 dan yang terakhir berasal dari Swadaya Masyarakat sebesar Rp 39.706.000.
 
Sementara itu, Komandan Lanud Adi Soemarmo, Marsma TNI Agus Setiawan melalui Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Pangkalan TNI AU (Lanud) Adi Soemarmo, Kolonel Kes Drs Wing Sukarno mengatakan selain pembangunan fisik, TMMD Reguler Ke-114 Desa Jerukan ini juga menyasar pembangunan non fisik. Antara lain, penyuluhan kesehatan dan stunting, sosialisasi penerimaan prajurit TNI dan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya narkoba dan terorisme, penyuluhan hukum dan sosialisasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.
 
“Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan stunting, ketahanan pangan dan penanganan Kesehatan,” katanya.
 
Salah satu warga Desa Jerukan, Sastro Marto mengucapkan terima kasih atas sinergi Pemkab Boyolali dengan TNI sehingga jalan di desa tersebut dapat lebih baik dari sebelumnya.
 
“Terima kasih sudah dibangun, dulu jelek sekarang sudah bagus terima kasih atas partisipasinya. Terimakasih sekali bahwa di Desa Jerukan ada pembangunan TMMD. Sudah terlaksana. Sudah bagus. Sangat berterima kasih,” ujarnya.
 
Sebagai tambahan informasi, betonisasi jalan tersebut menghubungkan Desa Jerukan, Desa Kayen di Kabupaten Boyolali, serta dapat menghubungkan ke Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung di Kabupaten Grobogan. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI